by

Kehadiran PLTU (Gardu Induk) Mulai Meresahkan Warga

ACEH SELATAN, BrataPos.com – Sejumlah warga Gampong Gunung Cut Kecamatan Samadua Kabupaten Aceh Selatan, mulai resah akan dampak radiasi Gardu Induk yang sedang di bangun oleh pihak rekanan.

Pasalnya, jika Gardu Induk PLTU Aceh Selatan tersebut harus ada solusi oleh pihak Manajemen PLTU agar bisa merelokasikan warga yang tinggal disana, demi kenyamanan dan kebaikan kesehatan warga Gampong Gunung Cut Kecamatan Samadua itu ujar Zuhilmi.

Untuk itu, kata Ketua Lembaga LSM LP-KPK Aceh Selatan, Zuhilmi, SH, sangat prihatin bila nanti beroperasinya Gardu Induk (GI) PLTU Gampong Gunung Cut Kecamatan Samadua akan terjadi radiasi yang luar biasa, untuk itu LSM LP-KPK mengharapkan adanya relokasi oleh pihak PLTU Gardu Induk Gampong Gunung Cut, ketempat lain yang jaraknya minimal 500 m dari lokasi GI imbuhnya.

Dan yang aneh lagi di depan lokasi GI PLTU tersebut, adanya sebuah bangunan Puskesmas sehingga bagai mana pula nasib dokter dokter serta nasib para pasien yang sempat rawat inap di puskesmas tersebu, ucap Zuhilmi, SH.

Ketika dikonfirmasi kepada Manajer PLN Tapaktuan, Komaruddin senin (01/04/2019) membantah tudingan yang disampaikan oleh LSM – LPKPK, karena menurut manajer tidak ada radiasi yang membahayakan warga disana, soalnya rumah pegawai PLTU Gardu Induk Gampong Gunung Cut Kecamatan Samadua itu, berada dilokasi komplek Gardu tersebut katanya.

Reporter : Asmar Endi

Editor     : Nr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA