by

Gubernur Banten Melalui Musrenbang Provinsi Selaraskan Usulan Wilayah Dari Desa Hingga Kabupaten/Kota

KABUPATEN TANGERANG , Bratapos.com – Gubernur Banten H Wahidin Halim membuka Musyarawah Perncnaan Pembangunan (Musrenbang) yang diatur dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Banten Tahun 2020, sebagai menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan Provinsi Banten dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran Pembangunan Nasional serta usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kabupaten/Kota tersebut, Jumat (29/3/19) di Hotel Yasmin Curug Kabupaten Tangerang – Banten.

Kegiatan dengan tema mengangkat tema “Pembangunan berbasis kewilayahan untuk mewujudkan banten sejahtera dan berkeadilan ” menurut H Wahidin Halim menjelaskan dalam merumuskan prencana pembangunan harus visioner dan berdasarkan aspirasi dari masyarakat mulai dari desa, kelurahan, kecamatan sampai Kabupaten Kota.

“Saling selaras dan terintregasi dengan mengedepankan kemanfaatan bagi masyarakat dan terpenuhinya apa yang diharapkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya saat menghadiri musrenbang RKPD Provinsi Banten, ia menyampaikan Lebak sebagai penyandang status daerah tertinggal, dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terendah se-Provinsi Banten.

” Ia berharap komitmen semua pihak terutama Pemerintah Provinsi Banten untuk bersatu padu dalam upaya peningkatan pembangunan salah satunya meningkatkan IPM di Kabupaten Lebak,” tegasnya.

Masih Iti Jayabaya mengutarakan dengan kondisi daerah Lebak yang terendah.

“Saat ini lebak memiliki IPM terendah di provinsi banten, kalau daerah lain di banten IPM nya lebih tinggi, otomatis fokus pembangunan ada di Lebak,” ungkap Bupati Lebak.

Sementara Ketua Ikatan Penulis Jurnalis Indonesia ( IPJI ) Provinsi Banten Yosef Minar SH mengutarakan bahwa musrenbang Banten belum efektif.

IMG-20190330-WA0148

” Dimana IPJI siap membantu dalam hal komunikasi, sebab disini terlihat lemahnya komunikasi yang terbangun baik antara pemerintah dengan pemerintah dan antara dinas dengan dinas lainnya,” tuturnya.

Tambah Yosep Minar menandaskan dengan komunikasi akan terwujud hubungan yang sinergi.

” Tadi kami dari IPJI sudah membicarakan dengan Wakil Gubernur, tentang peranan IPJI siap membantu didalam berbagi ilmu dengan Tema Herakan IPJI berbagi Ilmu,” tandas Yosef pada awak media.

Musrenbang RKPD Tahun 2020 Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Lebak kembali meraih predikat Pembangunan Daerah Tahun 2019 Terbaik dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten dan pada Tingkat Kota diraih oleh Kota Cilegon.

Sebagai informasi, program prioritas yang sudah tercantum pada rancangan RKPD tahun 2020 Provinsi Banten, yaitu pengurangan kemiskinan dan pengangguran, penurunan ketimpangan melalui optimalisasi konektivitas dan sektor hubungan di wilayah pengembangan, serta kawasan strategis provinsi. Kemudian, peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, perumahan, dan permukiman.

Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pengendalian pemanfaatan ruang serta penguatan reformasi birokrasi.

Selanjutnya, prioritas pada Rancangan Kerja Daerah Tahun 2020, antara lain penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pemanfaatan sumber daya alam untuk pemanfaatan ketahanan pangan dan mendorong pertumbuhan agrobisnis. Peningkatan nilai tambah ekonomi pada sektor pariwisata, pertanian, kelautan, perikanan dan perkebunan, penguatan reformasi birokrasi dan lainnya.

Reporter :soleh

Editor : wo

Publisher: Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA