by

Guru Privat Asal WNA Di Vonis 4,6 Tahun Penjara

SURABAYA, BrataPos.com – Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika Serikat Alex Daniel Gems (29) sebagai terdakwa, perkara Narkoba jenis ganja yang kini di sidangkan Pengadilan Negeri Surabaya (PN) dengan agenda pledoi berlangsung vonis, Kamis (28/03/2019).

Sidang digelar pada ruang Garuda 1 yang di pimpin Anne Rusiana.SH.MH, selaku Ketua Majelis Hakim, sementara terdakwa di dampingi tim kuasa hukumnya yakni Syamsoel Arifin.SH dan Rudi.SH dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Orbit, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ali Prakoso SH.

Setelah pembacaan nota pembelaan (pledoi) oleh kuasa hukum terdakwa, kemudia Majelis Hakim memutuskan untuk menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Alex dengan pidana penjara selama (4,6) empat tahun enam bulan denda sebesar Rp 1 millyar apabila tidak dibayar maka diganti dengan (1) satu bulan kurungan.

Atas putusan (vonis) tersebut dinilai lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ali Prakosa, SH yang sebelumnya menuntut terdakwa di tuntut dengan pidana penjara selama (5) lima tahun denda Rp 1 millyar serta Subsidair (3) tiga bulan kurungan.

Setelah membacakan amar putusan Hakim menjelaskan kepada terdakwa, kamu divonis (4,6) empat tahun enam bulan, kamu boleh terima pikir-pikir atau banding, silahkan kamu koordinasi dengan kuasa hukummu, kata majelis hakim.

Setelah berkoordinasi sebentar, terdakwa yang berprofesi sebagai guru privat ini, selanjutnya kembali ke tempat duduknya dan mengatakan, saya terima putusan ini pak Hakim, jawab terdakwa.

Untuk di ketahui pada sidang sebelumnya, bahwa pada hari Senen 19 Nopember 2018 sekita pukul 21:00 WIB, terdakwa ditangkap Anggota Satreskoba Polsek Wonocolo Surabaya di wilayah JalanTenggilis Mejoyo Utara Surabaya, kedapatan memiliki ganja dan selanjutnya terdakwa berseta barang bukti di serakan ke Polrestabes Surabaya untuk di lakukan penyidikan lebih lanjut.

Dalam perkara ini terdakwa dijerat JPU sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (1) jo pasal 132 ayat (1) Undang Undang RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika.

Reporter : Bnd /Zs

Editor      : Nr

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA