by

Mengulas Keberhasilan Pembangunan BDI 2018 Program KOTAKU Dsn. Bendil Jaya Desa Kepatihan Kec. Menganti-Gresik

Gresik,bratapos.com –  Kamis, 28/03. Keberhasilan Pembangunan BDI 2018 pada Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas). Program Kotaku akan menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

Salah satu contoh Desa yang sukses dan berhasil dalam menangani kumuh adalah Dusun Bendil Jaya Desa Kepatihan Kec. Menganti Kab. Gresik yang dimana telah membangun system Drainase mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air yang salah satu unsur dari prasarana umum yang dibutuhkan masyarakat kota dalam rangka menuju kehidupan kota yang aman, nyaman, bersih, dan sehat. Prasarana drainase disini berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke badan air (sumber air permukaan dan bawah permkaan tanah) dan atau bangunan resapan. Selain itu juga berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek.

Bachtiar Joesoef, BA sebagai Koordinator LKM Kel. Kepatihan saat bertemu dengan awak media Bratapos.com mengatakan bahwa Dusun Bendil Jaya ini dulunya sering terjadi genangan air khususnya di Jalan Dusun Bendil apabila musim hujan datang, dan alhamdulilah dengan adanya Progaram KOTAKU ini akhirnya bisa menyelesaikan pembangunan BDI 2018 system Drainase dengan sangat cepat sepanjang 336 m² dan selain membangun system Drainase kami juga membangun After Taman sepanjang 67 m² di area masuk Dusun Bendi Jaya dengan adanya After Taman ini wajah dari Dusun Bendil yang dulunya terlihat banyak rumput yang tinggi dan kabel listrik yang banyak bergelantungan tidak teratur sangat tidak enak di pandang dan kumuh akhirnya sangat cantik dengan pemandangan adanya After Taman,”ungkapnya.

Dan saya juga berterimakasih kepada Dinas PU Kab. Gresik yang juga mendukung Program KOTAKU pembangunan BDI 2018 serta Pemerintahan Desa Kepatihan dan lapisan masyarakat yang sangat mendukung adanya program ini, yang dimana adanya program ini Dusun Bendil Jaya menjadi Dusun bebas tanpa kumuh, ‘imbuhnya.

Slamet Harianto sebagai KSM Bendil Jaya 1 juga mengatakan sangat berterimakasih kepada Pemerintahan Desa Kepatihan dan Dinas PU Kab. Gresik yang telah mendukung adanya Pembangunan BDI 2018 pada Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh), “cetusnya.

Di sisi lain Kepala Desa Kepatihan Bapak Nemu saat memberikan keterangan kepada awak media bratapos.com mengatakan Pemerintah Desa Kepatihan sangat berterimakasih sebanyak banyaknya kepada Dinas PU Kab. Gresik dengan adanya adanya Pembangunan BDI 2018 pada Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) yang telah mendukung, dan mohon kepada Masyarakat Dusun Bendil Jaya untuk turut serta menjaga asset Taman yang sudah di bangun dan serta menjaga kebersihan lingkungannya, serta masyarakat Desa Kepatihan ikut serta mendukung Pembangunan BDI 2019 nanti, “ujarnya.

Reporter : Eva.D

Editing : Wo

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA