oleh

Wabup Aceh Selatan Buka Acara Sosialisasi Dana Bantuan Sosial Kematian

-Terbaru-773 views
Last updated: Selasa, 26 Maret 2019, 15:06 WIB

ACEH SELATAN, BrataPos.com – Wakil Bupati Aceh Selatan, Tengku Amran Buka Sosialisasi Bantuan Sosial Yang Tak Direncanakan Untuk Dana Kematian sesuai visi dan misi Bupati Azam menuju Aceh Selatan Hebat.

Acara tersebut digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Selatan, melalui Kabag Kesra Selasa (26/03/2019). Di Gedung Rumoh Agam Gampong Hilir Kecamatan Tapaktuan.

Acara tersebut dihadiri unsur Forkompimda Aceh Selatan, Sekda, H. Nasjuddin, SH, MM, para Asisten, SKPK, Kepala Badan, Kabag, Camat, Kheucik, Tokoh Masyarakat dan LSM serta Wartawan yang meliput di Kabupaten setempat.

Kabag Kesra Setdakab Aceh Selatan Syamsul Bahri, selaku panitia pelaksana sosialisasi bantuan sosial tersebut menyampaikan petunjuk operasional bantuan yang tidak dapat direncanakan untuk santunan kematian.

Kemudian keputusan Bupati Nomor 104 tahun 2019 tentang pembentukan panitia pelaksana kegiatan santunan kematian dan ketiga berdasarkan dokumen anggaran sekretariat daerah kabupaten.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang program pemerintah daerah, santunan kematian kedua dengan sosialisasi ini diharapkan para Camat dan kepala kampung betul betul membantu masyarakat sehingga tidak ada lagi permohonan dan surat keterangan ahli waris yang salah.

Pada hari ini berjumlah 314 orang terdiri dari Bapak Camat, Bapak Kepala Desa seluruh tokoh masyarakat dan juga ada wartawan yang hadir pada hari ini hingga berjumlah 314 orang dalam kegiatan ini. Yang belum mendapat bantuan  santunan kematian kita tingkatkan kepedulian pemerintah daerah menuju Aceh Selatan hebat.

Seseorang tidak dapat dipastikan waktunya oleh karena itu bila manusia mati ia berpotensi mendapat bantuan sosial dari pemkab maka sosialisasi tentang kematian merupakan upaya pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

Dengan memberikan perhatian kepada warga yang mengalami musibah karena musibah kematian anggota keluarga maka dari itu tujuan sosialisasi ini Untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan.

Serta memiliki kepedulian sosial guna meringankan beban keluarga penduduk yang meninggal Kabupaten Aceh Selatan hal tersebut.

Sesuai hal tersebut tertuang dalam peraturan bupati Kabupaten Aceh Selatan Nomor 17 tahun 2018 tentang petunjuk operasional bantuan sosial yang tidak dapat direncanakan untuk tujuan kematian. Kami menghimbau semua peserta yang hadir pada hari ini dapat ikut mensosialisasikan program ini dan jelaskan kepada masyarakat yang harus dipenuhi untuk mendapat santunan kematian tersebut.

Sedangkan Wakil Bupati Aceh Selatan,  Tengku Amran dalam sambutannya dengan bersama mulai dari jenjang pelaksanaan tingkat Kabupaten Kecamatan maupun Kampung dalam Kabupaten Aceh Selatan.

Sehingga nantinya diharapkan dapat mengakomodir dan memecahkan kendala-kendala di lapangan maka program ini tepat sasaran diperlukan adanya sosialisasi di semua stakeholder.

Dana santunan kematian tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya yang merupakan program kerja dari kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Aceh Selatan, tertuang dalam salah satu visi dan misi pembangunan di bidang sosial kematian.

Kami juga berharap ini dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran. Intinya penyaluran uang bukan merupakan gerakan rakyat yang bertujuan, untuk membantu meringankan beban keluarga yang ditinggalkan dengan harapan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan keluarga yang tertimpa musibah.

Bupati Aceh Selatan mengundang saudara dan saudari semua supaya apa yang telah saya sampaikan tadi tidak ada suatu perbedaan dalam penyampaian.WhatsApp Image 2019-03-26 at 15.00.15

Antara satu Desa dengan Desa yang lain antara 1 kecamatan dengan kecamatan yang lain yang lain sehingga satu petunjuk mekanisme untuk melengkapi puisi tersebut mulai dari 1 kecamatan sehingga mulai dari Desa yang terindikasi nanti ada suatu perbedaan antara Desa dengan Desa yang lain.

Maklumlah kita yang ada di kampung karena tidak adanya sebagian tidak tidak pandai membaca sehingga apabila salah Aceh Selatan, di mana yang tidak jelas antara kabupaten dan juga antara Kecamatan dan tingkat Desa demi Aceh Selatan Hebat.

Wakil Bupati Aceh Selatan,  Tgk Amran buka acara sosialisasi bantuan sosial kematian untuk mewujudkan Pogram visi dan misi Bupati terpilih H. Azwir,  S. Sos dan Wakil Bupati Tgk Amran, yang bertempat di gedung rumoh agam Gampong Hilir Kecamatan Tapaktuan Selasa (26/03/2019).

Acara ini dihadiri oleh Sekda Aceh Selatan, H..Nasjuddin, SH, MM, Para Forkopimda, camat, keuchik dan tokoh masyarakat.

Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dalam sambutan nya mengatakan :

Kematian merupakan keniscayaan bagi setiap insan, meskipun kematian adalah sebuah kepastian, tutup usia seseorang tidak dapat dipastikan waktunya. Oleh karena itu, bila manusia mati ia berpotensi meninggalkan resiko bagi orang lain, yaitu adanya beban biaya kematian yang harus ditanggung oleh keluarga yang ditinggalkan, program santunan kematian merupakan sebuah  upaya untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat.

Sosialisasi santunan kematian merupakan upaya pemerintah kabupaten aceh selatan  memberikan perhatian kepada warga yang mengalami musibah karena   musibah kematian   anggota keluarga. Maka dari itu tujuan sosialisasi ini untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat bahwa pemerintah kabupaten aceh selatan memiliki kepedulian sosial guna meringankan beban keluarga penduduk yang meninggal dunia.

Wabup Buka Acara Sosialisasi Dana Bantuan Sosial Kematian. Foto Asmar Endi
Wabup Buka Acara Sosialisasi Dana Bantuan Sosial Kematian. foto Asmar Endi

Hal tersebut tertuang dalam peraturan bupati aceh selatan nomor 17 tahun 2018 tentang petunjuk operasional bantuan sosial yang tidak dapat direncanakan untuk  santunan   kematian, kami menghimbau semua peserta yang berhadir pada hari ini dapat  ikut mensosialisasikan program ini dan menjelaskan kepada masyarakat syarat syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan santunan.

Maka dari itu, perlu adanya pemahaman bersama bagi pelaksana baik ditingkat kabupaten, kecamatan maupun gampong dalam kabupaten aceh selatan, sehingga nantinya diharapkan dapat mengakomodir dan memecahkan kendala-kendala dilapangan  agar program ini  tepat sasaran diperlukan adanya sosialisasi disemua stakeholder.

Dana santunan kematian tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya yang   merupakan program   kerja  dari  kami  selaku  bupati  dan wakil bupati  aceh selatan   tertuang dalam  salah satu visi dan misi pembangunan dibidang sosial kemasyarakatan.     Kami  juga berharap  program ini dapat  berjalan dengan baik dan tepat  sasaran.  Intinya penyaluran uang duka merupakan gerakan pro rakyat yang bertujuan untuk membantu meringankan beban anggota keluarga yang ditinggalkan, dengan  harapan uang santunan kematian ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya guna kepentingan keluarga yang ditimpa musibah.

Reporter   : Asmar Endi

Editor       : Nr

Publisher  : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA