by

Sejumlah Permukiman Warga Aceh Selatan, Terendam Banjir

ACEH SELATAN, BrataPos.com – Hujan deras Minggu (24/3/2019) malam, membuat sejumlah kawasan di Aceh Selatan kembali terendam banjir.

Informasi yang dihimpun hingga jelang Senin (25/3/2019) dini hari. Beberapa wilayah yang terdampak banjir antara lain, Kecamatan Pasie Raja meliputi Gampong Ladang Teungoh, Krueng Kalee, Panton Bili, Silolo dan Ladang Tuha Bakongan (Kota Bahagia) Tapaktuan, Kluet raya,

Sementara di Kecamatan Tapaktuan, wilayah yang terdampak antara lain, Gampong Lhok Bengkuang, Gunung Kerambil, Batu Itam, Panjupian, Hilir, Lokrukam, Air Pinang, Penjumpian serta Lhokrukam. Selain itu banjir juga merendam Gampong Buloh Didi, Kecamatan Kluet Timur.

Derasnya hujan juga memicu longsor, seperti yang terjadi di Jalan Medan-Banda Aceh. Mobil Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, yang kebetulan melintas sempat tertimpa longsor.

Peristiwa itu, terjadi saat mobil dikemudikan sang ajudan hendak mengantar putri Wabup Tgk Amran. Namun, di tengah perjalanan terjadi longsor dan menimpa mobil tersebut.

IMG-20190325-WA0027

Beruntung, tidak ada yang terluka dalam peristiwa tersebut. Mobil Wabub Aceh Selatan kemudian berhasil dikeluarkan dari timbunan longsor, setelah ditarik truk tangki CPO yang kebetulan melintas dalam perjalanan dari Medan ke Meulaboh, Aceh Barat.

Salah satu rumah warga yang terendam banjir, dalah rumah wartawan. Selain 12 Gampong yang terendam air dan lumpur, longsor di 2 titik mengakibatkan akses jalan lintas Tapaktuan-Medan sempat terhambat. Selain itu, sebatang pohon kayu besar juga tumbang di jalan.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Dedi Sadsono ST, ketika dikonfirmasi BrataPos.com membenarkan adanya bencana alam tersebut.

“Diimbau kepada pengumudi yang di gunung pada saat ini yang terjebak macet, agar tetap waspada dan sabar menungu tim evakuasi untuk menyingkirkan longsor tersebut,” kata Pikri.

Reporter : Asmar Endi
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA