by

Kejari Bangka Turun Cek PJU Solar Cell Jembatan Baturasa

BANGKA BELITUNG, BrataPos.com – Pembangunan jembatan Baturusa di Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, sebesar Rp 46 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 kini diduga dipasanginya penerangan jalan umum (PJU) solar cell yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Pada saat sidak rombongan Kejaksaan Negeri Bangka, Kajari Bangka Jeffri Huwae menginstruksikan langsung kepada pemborongnya untuk segera membongkar serta menggantikan PJU solar cell yang sudah terpasang.

“Saya berharap dan meminta kepada pihak pemborong untuk segera mengganti lampu yang mati di jembatan ini, agar tidak gelap gulita lagi di saat masyarakat lalu lintas di jembatan ini,” harap Jeffri.

“Sementara yang solar cell saja dulu agar dibongkar semuanya, turunkan semuanya. Nanti seluruhnya (komponennya) bawa ke Kejari untuk dikroscek.

Tetapi sebelumnya, wartawan silahkan lihat langsung apakah barang-barangnya sesuai dugaan selama ini (tidak sesuai spek), silahkan foto dan video,” tegasnya saat turun mengecek Jembatan Baturusa bersama jajarannya kemarin (21/3).

Jika tidak sesuai spek dan mutu, Dia meminta secepatnya diganti semua dan dipasang dengan komponen yang bermutu dan berstandar SNI. Dia berjanji sebagai penegak hukum, jika pihak Satker dan kontraktor tak mengindahkan perintah tersebut akan berurusan dengan konsekwensi hukum yang berlaku.

Pembongkaran serta penurunan perangkat PJU solar cell yang dilakukan oleh para pekerja dari kontraktor PT. Riki Kencana Sukses Mandiri, diduga kuat PJU tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi seperti contoh aki,komponen lampu ditemukan sebagian banyak tidak berlabel SNI.Hal ini diduga telah menyebabkan keadaan gelap di sekitaran jembatan, lantaran rusaknya lampu penerangan tersebut.

Jaksa Andri kepada harian ini menyatakan kuat dugaan barang-barang tersebut selain tak sesuai spesifikasi juga terindikasi bukan barang baru. Melainkan sudah lama tersimpan di gudang.

Oleh karenanya pihaknya akan menelusuri lebih jauh terutama terkait harga dan toko dimana penjualan barang-barang tersebut.

“Setelah kita lihat seksama, kita nilai atas barang-barang tersebut sama (bukan barang baru dan tidak sesuai spesifikasi). Makanya kita akan telusuri semuanya,” sebutnya sambil melihat satu persatu komponen.

Pembongkaran PJU Solar Cell ini langsung dilihat oleh Direktur perusahaan M Toyib sendiri, dengan disaksikan Andri, Kasi Intel Kejari Bangka berserta para rombongan awak media.

Reporter         : D.Sutrisna

Editor             : Nr

Publisher       : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA