oleh

Caleg, Diduga Terlibat Kasus Pidana

ACEH SELATAN, BrataPos.com – Salah satu Bacaleg di Kabupaten Aceh Selatan bernama Tasman alias Kisman, dilaporkan ke pihak Kepolisian.

Hal itu, diperkuat dengan Laporan Polisi Nomor : LP-B/01/III/RES.1.11./2019/Polda Aceh/Res Asel/Sek Lbh Timur, Tanggal 08 Maret 2019.

Dalam laporan polisi, terkait Perkara Pidana Penggelapan dengan sangkaan Pasal 372 KUHP. dengan Surat Bukti lapor, Nomor : TBL/01/III/RES1.11./2019/SEK LBH TIMUR.

Tasman merupakan warga dan mantan Kheucik Gampong Tengah Peulumat, Kecamatan Labuhabhanhaji Timur itu, yang saat ini merupakan Caleg dari Partai Aceh (PA) dengan nomor urut 1 di Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Labuhanhaji Raya.

Kronologi kasus ini berawal pada tanggal 24 Januari 2019. Dimana herman (pelapor) meminjam uang pada Tasman (terlapor) dengan jaminan satu unit sepeda motor merek Honda Vario buatan 2017, dengan perjanjian dalam tempo satu bulan.

Uang tersebut akan dikembalikan. Namun kemudian pada hari Jum’at tanggal 15 Februari 2019. Tasman datang ke rumah Herman di desa Manggis Harapan Labuhanhaji.

Dia meminta pengembalian uang pinjaman kepada Nurjannah (istri herman), yang kebetulan saat itu Herman sedang tidak ada di kampung. Karena masih dilaut sebagai nelayan biasanya beberapa hari baru pulang.

Karena uang memang sudah ada maka Nurjannah langsung menyerahkan uang untuk melunasi pinjamannya pada terlapor. Kenadati sebenarnya belum jatuh tempo dan saat itu juga ia meminta motor miliknya dikembalikan.

Namun terlapor tidak langsung mengembalikan dan minta pakai dulu dan akan dikembalikan seminggu kemudian. Tiga hari kemudian, Herman pulang dari laut dan barulah mengetahui dari istrinya kalau Tasman sudah mengambil uang pada istrinya tanpa memulangkan motor miliknya.

Setelah menunggu satu minggu, sebagaimana dijanjikan terlapor tidak juga mengembalikan sepeda motor dengan alasan telah digadaikan kepada pihak lain.

Sejak itu pelapor terus mendesak terlapor untuk mengambalikan motornya. Namun dengan berbagai alasan motornya tidak juga dikembalikan. Karena merasa sudah ditipu oleh Tasman maka pada tanggal 08 Maret 2019 korban membuat Laporan Polisi di Polsek Labuhanjai Timur guna untuk proses hukum.

Dan terkait laporan kasus tersebut, Polisi juga telah mengeluarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dengan Nomor: B/01/III/RES.1.11./2019/Polsek, pada tanggal 08 Maret 2019 yang ditujukan kepada pelapor, dengan Penyidik pembantu Bripka Mukhlis Apyasdar.

Dalam hal ini, dengan telah diterimanya Laporan pengaduan masyarakat tersebut, kita sebagai pendamping korban mengharapkan kepolisian segera melakukan proses hukum.

Sebagaimana mestinya untuk dapat segera menetapkan status tersangka terhadap terlapor (pelaku) serta melakukan penahanan pelaku dan menyita/mengamankan barang bukti press reales dari ketua LSM Formak Kabupaten Aceh Selatan Ali Zamzami kepada Media BrataPos.com di Labuhanhaji, (22/03/2019).

Reporter : Asmar Endy
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA