by

Persiapan UNBK Sudah Final

KENDAL, BrataPos.com – Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2018/2019, Kamis (21/3/2019), di Ruang Merak Agrowisata Tirto Arum Baru Kendal.

Rakor diikuti oleh 150 orang petugas proktor yaitu tenaga ahli untuk memasukkan semua data dari pusat ke dalam server. Sebagai pihak yang ditunjuk dan ditugaskan serta bertanggungjawab dalam mengendalikan server di sebuah sekolah.

Di hadapan para peserta Rakor. Kepala Seksi (Kasie) SMA dan SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Nasikin SSTP, M.Kom.

Dalam paparannya mengatakan, bahwa digelarnya Rakor tersebut bertujuan untuk mensinkronkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Kendal, Batang serta Kota Pekalongan.

Rakor juga bertujuan, untuk mengantisipasi segala sesuatu masalah yang mungkin timbul. Sehingga pelaksanaan UNBK bisa berjalan tanpa hambatan yang berarti.

“Kita sudah berkoordinasi dan menyiapkan semua sarana dan prasananya seperti genset, komputer dan lain-lainnya. Persiapan teknis juga sudah kita lakukan”, ujar Nasikin.

Nasikin menyampaikan bahwa, kegiatan UNBK akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Untuk SMK mulai 25-28 Maret 2019 dan untuk SMA pada tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019.

Sistim yang digunakan, yaitu sistim semi online. Dimana sekolah wajib mengunduh terlebih dan melakukan sinkronisasi semua data dari pusat. Kemudian dimasukkan ke dalam server sekolah.

Hal itu diterapkan, guna mendukung Pelaksanaan UNBK di ke -3 wilayah tersebut. Telah disiapkan Posko 24 jam yang juga berfungsi sebagai koordinator help desk, untuk antisipasi kemungkinan adanya permasalahan yang timbul selama ujian berlangsungnya UNBK.

“Kita sudah siap untuk melaksanakan UNBK SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Kendal, Batang serta Kota Pekalongan”, tegas Nasikin.

Reporter : Dessy
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA