by

Pengedar Pil Koplo Usai Dijatuhi Tuntutan, Teteskan Air Mata

GRESIK, BrataPos.com – Adam Putro Agung alias Abidin. Kembali menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Gresik, (19/3/2019).

Pemuda 18 tahun, berurusan dengan hukum. Lantaran mengedarkan pil doubel LL. Terdakwa terlihat tertunduk lesu, ketika mendengarkan surat tuntutan Mansur, selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejari Gresik.

Sidang yang dipimpin Majelis Hakim Putu Gede Hariadi itu. JPU meyakini bahwa Adam Putro Agung secara sah bersalah melawan hukum melakukan tindak pidana kesehatan.

“Atas perbuatan terdakwa, sebagaimana yang telah di atur dan diancam pidana dalam pasal 196 UU RI N0.36 tahun 2009 tentang kesehatan. Menuntut terdakwa selama tiga tahun penjara,” ucap Mansur dihadapan persidangan.

Sebab lanjut Mansur, atas kelakuan terdakwa warga dusun Pengampon, Rt.13 Rw.07, desa Setro, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik itu, telah pemufakatan jahat. Menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, jadi pelantara jual beli, menukar, atau menyerahkan pil koplo.

Kelakuan terdakwa juga tidak mendukung program pemerintah yang gencar-gencarnya memberantas barang terlarang golongan 1 jenis pil koplo.

IMG-20190319-WA0035

Meski demikian, Mansur menilai selama ini terdakwa kooperatif, sopan dalam persidangan. Kemudian, berterus terang mengakui kesalahannya. Selanjutnya, terdakwa juga belum pernah dihukum.

Sambil mengetok palu. Majelis hakim Putu Gede Hariadi yang memimpin sidang, memberikan waktu pekan depan dengan agenda putusan. Dengan mengenakan rompi orange, terdakwa keluar ruang sidang dengan kawalan petugas.

Diketahui, terdakwa menjadi pesakitan setelah tertangkap polisi. Lantaran, melakukan transaksi jual beli pil koplo di Desa Setro, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik pada 21 November 2018 lalu.

Dalam proses penggeledahan, korp seragam cokelat berhasil menemukan barang bukti pil koplo 1 bungkus.

Reporter : jml
Editor : nr
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA