by

Timsar Gabungan, Evakuasi Kapal Pencari Cumi Yang Terbakar di Kepulauan Seribu

JAKARTA, BrataPos.com – Kapal Riki Baru, yang merupakan kapal pencari cumi terbakar pada Senin (11/3/2019) sekira pukul 19.15 WIB kemarin malam.

Kapal yang berukuran panjang 24 M, dan berwarna biru tersebut, sedang melintasi laut Jawa menuju Kepulauan Seribu untuk mencari cumi. Kemudian terbakar tepatnya di sebelah timur Pulau Peniki, Kepulauan Seribu.

KM. Putra Bahagia yang sedang melintas melihat kapal tersebut terbakar  dan mengevakuasi 3 orang korban yang merupakan ABK kapal tersebut. Dimana kondisinya 2 orang dalam keadaan selamat, serta 1 orang dalam keadaan meninggal dunia.

Selanjutnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, mendapatkan informasi dari Polres Kepulauan Seribu mengenai kejadian tersebut pada pukul 22.55 WIB. Dan langsung mengirimkan personil untuk bergerak menuju lokasi dengan menggunakan KN SAR 246 KARNA dan RIB 03 JAKARTA.

“Dua alat laut yang kita miliki, sudah dikerahkan bersama personil rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, untuk melakukan proses evakuasi terhadap 17 orang yang diketahui merupakan penumpang (passenger on board) KM RIKI BARU yang masih dalam proses pencarian,” tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) operasi SAR tersebut. Selasa (12/3/2019).

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari lapangan, bahwa rencana penyisiran akan dilaksanakan sesuai dengan SAR Map Prediction yang didapat dari BASARNAS COMMAND CENTRE.

Sekitar pukul 08.30 WIB, korban yang berjumlah 17 orang berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan, yang terdiri dari BASARNAS Jakarta, Polres Kepulauan Seribu, POLAIR Polda Metro Jaya, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) distrik Navigasi Tg.Priok, Kementerian Laut dan Perikanan, PMI DKI Jakarta, Tanggap Bencana Indonesia, BAZNAS, Rumah Zakat, dan KORGAD Rescue.

IMG-20190312-WA0123

Berikut adalah data-data korban ABK KM RIKI BARU dari korban yang selamat diantaranya Edi Candra (33 thn/L) Nahkoda, Ferdiansyah setiawan (39 thn/L ), Fahmi M(28 thn/L), Awit (26 thn/L), Muzahar (29 thn/L), Iwan (24 thn/ L), Hairul (18 thn/L), Gunawan (30 thn/L), Moh. Munis (48 thn/L) kondisi lemas dirujuk ke RS Atmajaya, Budi Santoso (27 thn/L) kondisi terbakar di sekitar leher dirujuk ke RS Atmajaya, Eko sulityo (19 thn/L), Mohamad Rifaldi (33 thn/L ), Rinto (18 thn/L) dan Feri setiawan (22 thn/ L).

Korban yang Meninggal Dunia (MD) yang dirujuk Rumah Sakit Polri Kramat Jati diantaranya.

Dengan ditemukannya seluruh korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup pada pukul 12.30 WIB siang tadi dan seluruh unsur kembali ke kesatuannya masing-masing.

Reporter : U.Effendi/Soleh
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA