by

Puting Beliung Menyapu Empat Desa di Sumenep

SUMENEP, BrataPos.com – Angin puting beliung menyapu empat desa di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Sehingga, menyebabkan puluhan rumah rusak parah dan ringan, serta pepohonan berhamburan roboh.

Desa yang terken musibah puting beliung. Diantarannya, Desa Poreh, Desa Tarogan. Desa tersebut, berada di Kecamatan Lenteng. Sedangkan Desa Kambingan Timur,  Desa Talang, termasuk Kecamata Saronggi.

Angin puting beliung tersebut terjadi sekitar jam 13:00 WIB. Yang diawali dengan hujan deras yang disertai angin kencang serta petir.

“Angin puting beling terjadi tadi siang, yang menyebabkan puluhan rumah rusak parah,” kata Usman salah satu warga Tarogan, Minggu (10/3/2019).

Sedangkan menurut Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd Rahman Readi menyebutkan, data sementara yang terkena puting beliung yang sudah terlapor di dua kecamatan Lenteng dan Saronggi.

“Di Lenteng itu, melanda Desa Tarogan. Ada 46 rumah warga yang rusak di sana, baik plafon maupun pada bagian gentingnya,” katanya.

Kalau di Kecamatan Saronggi melanda Desa Talang dan terdata baru empat rumah, dan Desa Kambingan Timur lima rumah.

“Itu data sementara, baik rumah warga yang mengalami rusak ringan, sedang dan berat,” jelasnya.

Pasca kejadian, aparat dari Muspika setempat langsung datang kelokasi, membantu warga untuk membersihkan puing rerentuhan rumah. Namun dikabarkan kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa.

Reporter : zain/zr
Editing : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA