by

UJIAN DI SMA SMA PATI MAKIN UNIK dan NYlenah

PATI , Bratapos.com – Hal yang  tak biasa dengan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) di SMAN I Pati, Jawa tengah . Jika biasanya  siswa dilarang menggunakan smartphone saat ujian, kini semua siswa justru memegang dan mengoperasikan smartphone saat ujian.

Ternyata mereka menggunakan smartphone melalui aplikasi mobile exam yang diciptakan guru SMAN I Pati. Siswa tak harus menggunakan kertas atau komputer. Selain hemat, penerapan sistem ujiam itu bisa mencegah kecurangan siswa, dan sesuai dengan Pati sebagai smart city.

Selain di SMAN I Pati, ada dua SMA lain di Pati yang mengerjakan USBN dengan smartphone yakni SMAN 2 Pati dan SMAN I Batangan. Kedua SMA itu sebelumnya telah diberi pelatihan oleh SMAN I Pati. Bahkan di Jawa Tengah yang menggunakan USBN smartphone baru Pati dan SMAN I Kendal.

Kepala SMAN I Pati Budi Santosa mengatakan, penerapan USBN smartphone tak menyulitkan siswa di sekolah tersebut. Terlebih pada ujian semester beberapa waktu lalu sudah menerapkan smartphone menggunakan aplikasi mobile exam (ME)  akan tetapi ini hal yang berbeda , untuk menghemat biaya penggandaan Soal kali ini baru baru ini,  SAM SMA  di PATI _USBN yang  tahun lalu kami masih manual. Mulai tahun ini semua paperless. Semua ujian tak menggunakan kertas. Baik ujian sekolah atau nasional. Kalau USBN ini 20-35 persen soal dari pusat sedangkan 75-80 soal dari guru. Jadi indikator soal dibuat oleh MGMP dan diserahkan kepada guru di sekolah masing-masing,” tuturnya.

Setelah soal itu selesai dibuat, selanjutnya ditelaah di MGMP. Jika sudah sesuai maka diserahkan ke pengawas dan dijadikan materi soal USBN. Ada 16 mapel di USBN sesuai dengan kurikulum di sekolah masing-masing karena ada yang menggunakan kurikulum 2013 dan kurikulum 2006

Reporter : Sholihul Hadi

Editor : zai

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA