by

Guru Adalah Orang Tua Setelah Ibu Dan Bapak, Guru Bukan Untuk Dianiaya

MUSI RAWAS, Bratapos.com – Tindakan tidak terpuji berupa penganiayaan dan pemukulan yang dilakukan oleh anak didik terhadap guru yang marak dan viral di media sosial belakangan ini diharapkan tidak terjadi di wilayah hukum Polres Musi Rawas (Mura).

Mengantisipasi hal tersebut jajaran Polres Mura melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) gencar melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Salah satunya adalah SMA Negeri 2 Muara Beliti, Sabtu (9/3). Personel Satbinmas Mura langsung bertatap muka dan memberikan materi kepada ratusan pelajar disekolah tersebut.

Kapolres Mura AKBP Suhendro melalui Kasat Binmas Iptu Yani Iskandar mengatakan kegiatan tersebut akan dilaksanakan secara berkelanjutan dengan melibatkan personel Bhabinkamtibmas di wilayah kerja masing-masing.

“Salah satu materi dan ajakan yang kita sampaikan, agar pelajar di Musi Rawas jangan sampai melakukan tindakan yang tidak terpuji, apalagi sampai melawan dan memukul guru seperti yang heboh di medsos,”ujarnya.

Upaya pendekatan kepada para pelajar penting dilakukan menurut Yani Iskandar, mengingat usia para pelajar masih sangat rentan terpengaruh. Pemahaman dini tentang hukum juga perlu, terutama bahaya narkoba.

“Kita langsung sampaikan efek dan bahaya narkoba bagi kesehatan dan perkembangan mental, termasuk sanksi hukum jika terlibat penyalahgunaan narkoba,”jelasnya lagi.

Yosef Ariansyah pengajar bidang studi Pendidikan Agama di SMA Negeri 2 Muara Beliti menyambut baik kegiatan tersebut. Penyampaian materi dan penjelasan langsung dari jajaran kepolisian kepada peserta didik, dapat memberikan motivasi kepada para pelajar untuk menjadi lebih baik.

“Mereka menyimak dan mendengar langsung dari polisi, sehingga pemahaman mereka terutama soal bahaya narkoba dan kenakalan remaja mereka mendapatkan gambaran langsung, terutama soal efek dan sanksi hukumnya,”jelasnya.

Reporter              : Spd

Editor                    : Nr

Publisher             : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA