by

Kejari Gresik, Akan Klarifikasi Terkait Proyek Jalan Surowiti-Tebuwuh

GRESIK, BrataPos.com – Pembangunan jalan yang dilakukan oleh dinas pekerjaan umum (PU) Gresik di ruas jalan Surowiti-Tebuwuh Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, yang dikerjakan rekanan yakni PT. Bangunan Cipta Cita (BCC) yang alamat kantornya tidak dicamtumkan di papan nama yang dilaporkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik pada (21/2/2019) lalu, akan segera dimintai klarifikasi pada Kabid Binamarga Dhiannita Triastuti, ST. PU Gresik dan rekanan oleh Kasi Intel Kejaksaan.

Proyek yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 Kabupaten Gresik sebesar Rp 3.200.074.900 Milliar itu, dalam laporannya, LSM LPB adanya indikasi penyimpangan pada pembangunan, terjadi mark up anggaran, volume pekerjaan dikurangi baik dari ketebalan. Sehingga mengurangi kualitas hasil pekerjaan.

Tidak hanya itu, secara visual pada pembangunan CTB ditemukan bahwa ketebalan CTB di lokasi 24 cm. Sedangkan di RAB Ketebalan 30 cm.

Core Drill yang ada di ruas jalan tersebut hanya beberapa titik di utara jembatan. Sedangkan di selatan jembatan, nampak belum ada. Dan tanggul penahan tanah dan pemasangan drainase/box cluivert, diduga tidak sesuai RAB.

“Saya akan segera mintai klarifikasi pada Kabid Binamarga Dhiannita Triastuti, ST. PU Gresik dan rekanan yang mengerjakan proyek tersebut,” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Gresik R Bayu Probo Sutopo, (6/3/2019).

Sementara Kabid Binamarga Dhiannita Triastuti, ST. PU Gresik, saat diminta stetmen. Ketika wartawan menanyakan terkait kasi intel kejaksaan akan mintai klarifikasi ke njenengan bagaimana tanggapannya.?

“Saya sudah koordinasi dengan beliau (kasi intel kejaksaan). Kami juga masih audit BPK dan inspektorat,” katanya. (6/3/2019)

Diberitakan sebelumnya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Pemantau Birokrasi (LPB) melaporkan  pembangunan jalan yang dilakukan oleh dinas pekerjaan umum (PU) Gresik di ruas jalan Surowiti-Tebuwuh Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

Reporter              : Jml

Editor                    : Nur

Publisher            : Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA