by

Pesangon Tidak Sesuai UU, Disnaker Gresik Lambat Menyikapi Pengaduan Buruh

GRESIK, BrataPos.com – Ketidakadilan dalam ketenagakerjaan seringkali dialami oleh tenaga kerja. Terutama yang tidak mengetahui secara jelas, mengenai berbagai hak yang melekat pada mereka sebagai pekerja.

Seperti yang dialami oleh Much Hadi Ilyas, warga Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya Scurity di PT Petrokimia Gresik Grup dan di tempatkan pada PT Aneka Jasa Grhadika (AJG) Gresik. Ia bekerja selama 26 tahun terhitung sejak 12 Mei sampai 31 Oktober 2018.

Menurut undang-undang No.13 tahum 2003 pasal 156 seharusnya ia mendapatkan pesangon sekitar Rp. 92.867.962,- Namun oleh perusahaan hanya diberi Rp. 35.000.000,-. Atas ketidak adilan, ia mengadu pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Gresik pada tanggal 06 Desember 2018. Pengaduan kedua pada tanggal 14 Desember 2018, dan pengaduan ke tiga pada tanggal 15 Januari 2019

Sudah 4 bulan dirinya mengadu pada Disnaker Gresik. Akan tetapi sejauh ini Disnaker dinilai tidak cepat dan tegas dalam menyikapi pengaduan buruh.

Padahal sudah jelas dalam UU Ketenagakerjaan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara tidak adil, memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari Pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja.

Hal ini diatur dalam surat edaran menteri tenaga kerja nomor SE 907/Men.PHI-PPHI/X/2004. Aturan ini juga mencatat tentang pencegahan pemutusan hubungan kerja.

Kepala Disnaker Gresik, Dra. Ninik Asrukin saat dikonfirmasi melalui telepon seluler. Miris memang, sudah 4 bulan pengaduan, tapi ia belum mengetahui berkas pengaduan dari Moch Hadi.

“Saya belum tahu kondisinya, apakah sudah dipanggil atau tidak, atau memang persyaratannya belum lengkap,” katanya. Selasa (5/3/2019).

Seharusnya, sesuai dengan perintah Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto semua pengaduan dari masyarakat harus segera ditindak lanjuti. Namun yang dialami oleh Moch Hadi sudah 4 bulan belum ada respon dari Disnaker Gresik.

Kalo seandainya blum dipanggil, dikarenakan tidak lengkapnya persyaratannya. Kenapa tdak ada pemberitahuan dari Disnaker, kata Zaibi Susanto Penasehat Hukumnya.

Reporter              : Jml

Editor                    : Nur

Publisher            : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA