by

Kades Siwawo, Abaikan Keputusan Inspektur Kabupaten Nias Utara

NIAS UTARA, BrataPos.com – Pada pelaksanaan perekrutan aparat desa, di desa Siwawo, Kecamatan Tugala Oyo, Kabupaten Nias Utara tidak sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Nias Utara No 3 Tahun 2017 yaitu, nelum dilaksanakan ujian tertulis dan wawancara bagi calon aparat desa yang sudah melamar.

Sesuai dengan Surat Laporan yakni Kadoniusman Hulu kepada Inspektur Kabupaten Nias Utara (Tolanaso Gea, S.Pd) pada Tanggal 06 Agustus 2018, perihal Permohonan Pemeriksaan Surat Keputusan Kepala Desa Siwawo tentang pengangkatan Sekretaris Desa di Desa Siwawo.

berdasarkan surat Laporan tersebut, maka Inspektur Kabupaten Nias Utara memberikan Surat panggilan Perihal Penyelesaian Laporan Pengaduan Kadoniusman Hulu pada hari tanggal Jumat 21 September 2018 lalu.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Camat Tugala Oyo (Lahaogo Aro Zalukhu), Kepala Desa Siwawo (Floretu Hulu), Ketua TIM Penjaringan dan Penyaringan Aparat Desa (Temazaro Hulu), dan Pelapor (Kadoniusman Hulu).

Pada pertemuan tersebut, Inspektur Kabupaten Nias Utara memutuskan dan sekaligus memerintah kepala desa Siwawo (Floretu Hulu) secara lisan, untuk memberhentikan serta mencabut SK Sekretaris desa dan Kaur Tata Usaha dan Umum.

Dia menilai, aparat desa tersebut tidak sesuai dengan Perda kabupaten Nias Utara. Dan juga pada saat pertemuan itu, Inspektur meminta semua berkas atau Dokumen terkait pengangkatan aparata desa tersebut kepada kepala desa Siwawo.

Namun kepala desa Siwawo tidak menyerahkan berkas atau dokumen tersebut kepada Inspektur Kabupaten Nias utara.

selanjutnya, Inspektur Kabupaten Nias Utara memberikan Surat Perintah Kepada kepala desa Siwawo (Floretu Hulu) Tertanggal 08 Oktober 2018, untuk memberhentikan serta mencabut SK Sekretaris Desa dan Kaur tata usaha dan umum.

Namun sampai saat ini, Kepala desa Siwawo masih bertahan untuk tidak melaksanakan keputusan dan Perintah Inspektur Kabupaten Nias Utara untuk mencabut SK tersebut.

Oleh krena itu, masyarakat Desa Siwawo memohon kepada Inspektur Kabupaten Nias Utara, untuk menyurati Kepala Desa Siwawo (Floretu Hulu), supaya dengan secepatnya dicabut SK tersebut.

Reporter : Kadoniusman Hulu
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA