by

6 DAERAH OTONOMI BARU DI JAWA BARAT, AKAN TERBENTUK

BANDUNG, BrataPos.com – Seiring dengan berkembang pesatnya pembangunan dan jumlah penduduk di Provinsi Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat selama lima tahun ke depan, akan mendorong lahirnya Daerah Otonomi Baru (DOB) yang ditargetkan ada enam daerah baru yang dimekarkan.

Ada enam daerah yang rencananya dimekarkan, yaitu Bogor Barat merupakan bagian dari Kabupaten Bogor, Garut Selatan dari Kabupaten Garut dan Sukabumi Utara dari Kabupaten Sukabumi. Ke tiga daerah tersebut masuk dalam program legislasi nasional.

Dan tiga daerah baru yang kini sedang diusulkan terdiri dari Bogor Timur bagian dari Kabupaten Bogor, Karawangan Utara dari Kabupaten Karawang dan Indramayu Barat dari Kabupaten Indramayu. Ketiga daerah tersebut dari hasil analisis Bappeda Jabar dokumennya sudah menuju lengkap.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerjasama, Setda Jabar, Dani Ramdan dalam sampaiannya di Gedung Sate Kota Bandung pada Jumat (1/3/2019) menyampaikan, pembentukan DOB telah menjadi janji politik Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Soal DOB itu sudah masuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

“Sehingga kita punya target dalam lima tahun ke depan. Kita ingin ada pembentukan daerah otonomi baru atau berdasarkan aturan perundang-undangan, istilahnya daerah persiapan sampai enam daerah. Alasannya, daerah itu dimekarkan karena contohnya Sukabumi terlalu luas, kalau Bogor penduduknya terlalu padat, Karawang juga alasannya wilayahnya terlalu luas,” sebutnya Dani Ramdan.

IMG-20190302-WA0124

Tapi argumen kami ini kan usulan, walaupun (usulan) ini tidak ditanggapi oleh pusat. “Bahwa nanti presiden periode berikutnya mencabut moratorium (pembentukan DOB) berarti jalan. Kalau tidak (berjalan) janjinya (gubernur) tetap kita penuhi,” tambahnya Dani Ramdan.

Jelasnya Dani Ramdan mengatakan, pembentukan enam DOB baru sebatas usulan dari pemprov jabar. Karena dari pemerintah pusat sampai saat ini belum ada rencana untuk mencabut moratorium.

Reporter : u effendi/soleh
Editor : jas
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA