by

Terkait Pelaksanaan DD 2018 di Sumenep, Pihak Inspektorat Memberi Nilai 70 Sampai 80 Persen

SUMENEP, BrataPos.com – Pihak Inspektorat Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menilai pelaksanaan Dana Desa (DD) tahun 2018 di Kabupaten Sumenep sudah ada peningkatan dari segi transparansi maskipun tidak menyeluruh di semua desa.

Nilai yang diberikan berdasarkan hasil pemeriksaan dan monitoring yang dilakukan selama ini, antara 70 sampai 80 untuk pelaksanaan Dana Desa (DD) pada tahun lalu.

“Kalau untuk memberi nilai dari 10 sampai 100, pelaksanaan Dana Desa (DD) di Kabupaten Sumenep tahun 2018 saya rasa nilainya antara 70 hingga 80. Artinya sudah baik,” kata R. Idris selaku Inspektur di Inspektorat Kabupaten Sumenep, Senin (25/2/ 2019).

Pelaksanaan DD di beberapa Desa di Kabupaten Sumenep masih ada kelemahan, baik dari segi administrasi maupun pelaksanaan pengerjaan fisik. Sehingga hal tersebut perlu ditingkatkan.

“Hasil pemeriksaan dan monitoring, beberapa desa masih ada kelemahan-kelemahan. Baik administrasi maupun fisik. Kalau yang fisik, misalnya masih ada kelebihan bayar. Sehingga harus ada pengembalian ke kas Desa,” jelasnya.

Terkait dengan pengelolaan DD di Desa yang masih lemah, pihak Inspektorat menyarankan agar melakukan studi banding ke desa-desa lain di lingkungan Kabupaten Sumenep yang sudah lebih bagus pengelolaannya, baik secara administratif maupun teknis.

Reporter : zain/zr

Editor : jas

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA