by

Dirut PT KH, Gagal Disidang

GRESIK, BrataPos.com – Pengadilan Negeri (PN) Gresik gagal gelar sidang dakwaan perkara penipuan yang merugikan korban sampai Milliaran, dengan terdakwa Muis Al Fhadi (29) Dirut PT Kavling Hijau (PT KH), warga dusun Munggu, Rt.004 Rw.001 desa Munggugianti, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik kemarin sore (20/2/2019).

Akibat gagalnya sidang, yang diketuai majelis hakim Eddy, lantaran penasehat hukum (PH) terdakwa tidak nampak di dalam ruang persidangan.

Lantas, hakim meminta pada jaksa penuntut umum (JPU) Nurul Istiana dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, untuk tidak membaca berkas dakwaannya. Dengan begitu hakim menunda sidang pekan depan (27/2/2019).

Saat dikonfirmasi Wagiman, SH., MH selaku kuasa hukumya terdakwa melalui telepon seluler mengatakan, dirinya memang ditunjuk sebagai penasehat hukum terdakwa.

“Tapi kuasanya belum saya didaftarkan ke pengadilan, lantaran saya masih ada di Surabaya,” jelasnya.

Sementara Ferry salah satu korban yang mengawal jalannya sidang, ia pemilik lahan di Kabupaten Lamongan. Awalnya terdakwa membeli lahannya untuk dijadikan perumahan. Namun lahan saya belum dibayar oleh tetdakwa.

Sampai tenggang waktu berbulan-bulan belum diselesaikan. Akhirnya dirinya menggugat di Pengadilan Negeri Lamongan. Saya menang isi putusannya disuruh bayar 550 juta tapi hanya sanggup membayar 300 juta.

“Dari putusan sudah 3 bulan, tapi sampai sekarang belum dibayar. Saya kasih tenggang waktu 2 bulan untuk bayar, namun kalau tidak dibayar akan dilanjut dengan pidana,” katanya warga Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan.

Sementara korban lainnya yang enggan disebutkan namanya, awalnya ia tertarik dengan tanah kavling yang sangat murah. Sehingga dirinya tertarik untuk membelinya.

“Saya beli dua kavling total harganya 70 juta lunas, dengan ukuran perkavling 6×12 meter. Ternyata malah ditipu oleh terdakwa,” bebernya yang juga seorang guru di Kecamatan Benjeng.

Dirut PT KH menjadi terdakwa awalnya pada Oktober 2016 sampai 2018 di kantor Kavling Hijau (KH) yang beralamat di Desa Bulurejo Jalan Kalianyar, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik atau di kantor pemasaran di Jalan Raya Dermo No.5, Desa Dermo, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik dengan modus mengadakan perjanjian jual beli tanah untuk dijadikan perumahan.

Reporter : jml
Editor : nurdiana
Publisher : redaksi 

REKOMENDASI UNTUK ANDA