by

Untuk Pengadaan Pompa Atasi Banjir, Dinas PUPR dan Cipta Karya Sumenep Anggarkan 16 Miliar

SUMENEP, BrataPos.com – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Cipta Karya Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk mengatasi banjir menganggarkan Rp 16 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019.

Anggaran sebesar Rp 16 miliar tersebut, dipergunakan untuk pengadaan pompa air pengendali banjir yang akan difungsikan sebagai penyedot air ketika terjadi banjir saat musim penghujan.

“Dana itu nantinya akan digunakan untuk pengadaan pompa pengendali banjir kota dan penguatan tanggul serta rumah pompa,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Cipta Karya, Bambang Irianto, Rabu (20/2/2019).

Penempatan mesin pompa akan diletakan di sebelah timur Jalan Jati Emas, Desa Pangarangan, Kecamatan Kota, yang akan beroperasi secara otomatis jika terjadi hujan deras di wilayah Kota.

“Ya ketika terjadi ketinggian air tertentu, pintu air akan tertutup sendiri sehingga air yang sudah mengalir ke arah timur tidak kembali lagi. Sedangkan air yang dari arah barat akan dipompa menggunakan pompa air itu,” jelasnya.

Selain pengadaan pompa air, juga akan melakukan normalisasi atau pembangunan saluran di sejumlah titik, baik itu di titik tengah, barat, utara dan timur kota.

“Saat terjadi hujan lebat, ada beberapa titik yang sering terjadi pusat banjir. Jadi, tahun ini kami lakukan perbaikan saluran air dan membangun fasilitas lainnya,” pungkasnya.

Reporter : zain/zr

Editor : jas

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA