by

Pengurus DPC Peradi Gresik, Resmi Dilantik

GRESIK, BrataPos.com – Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi Fauzie Yusuf Hasibuan Sabtu kemarin, (16/2/2019) resmi melantik pengurus Peradi Pimpinan Cabang (DPC) Gresik masa bakti 2018-2023 dan pengurus pusat bantuan hukum (PBH) Peradi Pimpinan Cabang (DPC) Gresik masa bakti 2018 -2021.

Sebelum pelantikan para Pengurus DPC, Fauzi Yusuf Hasibuan selaku ketua Dewan Pimpinan Nasional membacakan Surat Ketetapan (SK) pembentukan DPC Peradi dan pengangkatan Dewan Pimpinan Cabang Peradi Kabupaten Gresik Kukuh Pramonobudi, masa bakti 2018-2023. Sementara, Ketua pengurus Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Gresik masa bakti 2018-2021, resmi dijabat oleh Koeswari.

Kegiatan pelantikan yang diselenggarakan di Hotel HOM Premiere Jalan Kalimantan No. 120A Perum Gresik Kota Baru (GKB) Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik dihadiri oleh Wakil Bupati Gresik.

Tampak juga sejumlah anggota Forum Koordinasi Perangkat daerah (Forkopimda) Kabupaten Gresik. Mereka diantaranya Ketua DPRD Ahmad Nurhamim, Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro, Dandim 0817 Letkol Inf. Budi Handoko, Rektor Ungres Prof. Sukiyat, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gresik Kukuh Pramonobudi, dalam sambutannya sesaat setelah dilantik mengatakan, berjanji akan memberikan bukti bahwa Peradi bisa bermanfaat bagi masyarakat Gresik, khususnya yang membutuhkan bantuan hukum.

“Ia mengaku telah melakukan silaturahim dengan jajaran Forkopimda, mulai Bupati, Wabup, Kapolres, Ketua DPRD, Kajari, Dandim dan unsur lain. Mereka memberikan support besar keberadaan Peradi,” ucapnya didampingi sekretaris Fajar Yulianto.

Ia menambahkan bahwa dalam rangka penguatan organisasi Peradi di tingkat cabang, upaya yang terus didorong yakni membangun sinergitas dengan berbagai elemen baik pihak kepolisian, kehakiman, kejaksaan maupun dengan pihak pemerintah daerah.

“Saya yakin, dengan membangun kerjasama yang sinergitas dengan berbagai pihak, beberapa program yang kami canangkan dapat terealisasi dan dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat. Peradi harus menjadi salah satu elemen pengayom dan penegak hukum bagi masyarakat dengan tetap menjaga marwah profesi advokat sebagai Nobile Oficium sesuai koridor hukum. Para advokat harus cerdas hukum dan bukan terjerat hukum,” ungkapnya.

IMG-20190217-WA0035

Ke depan harapnya, baik sesama pengurus DPC maupun sesama Advokat harus saling mendukung dan membangun kerja sama serta menghindari segala bentuk tindakan yang justru mencederai profesi advokat.

“Intinya adalah kerja sama dan saling mendukung. Inilah amanah yang harus diterima dengan rasa tanggung jawab. Profesi Advokat adalah martabat luhur yang harus dijunjung tinggi di tengah masyarakat dengan berbagai latar belakang keragamanan dan perbedaan,” tandasnya.

Fauzie Yusuf Hasibuan dalam sambutannya mengingatkan kepada pengurus DPC Peradi dan PBH Gresik bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Jangan meninggalkan tanah Gresik yang penuh keberkahan. Pupuk dan tebar kebaikan di Kabupaten Gresik,” pesannya.

Ia juga mengingatkan pengurus agar menegakkan keadilan serta memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang tak mampu sesuai Undang-Undang Nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat.

Saya meminta Peradi dan PBH Gresik bisa kerja sama dengan pemerintah daerah dalam penanganan hukum sebagai output. Saat ini masa menuju demokrasi yang luar biasa. Makanya, independensi harus benar-benar dijaga.” ujarnya.

Reporter : jml
Editor : nurdiana
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA