by

Perjuangan Pemilik Tanah, Berbuah Manis

GRESIK, BrataPos.com – Setelah menunggu kurang lebih 2 tahun lamanya untuk mendapatkan hak tanahnya kembali, akhirnya Husen Zainal alias Ach. Husin sebagai pemilik tanah (62) warga Benowo III /20, Rt.002 Rw.002, Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya kemarin (12/2/2019) kini bernafas lega.

Pasalnya semula tanahnya yang diberikan tulisan “kita tidak melawan, kita tidak berbohong, kita berbicara apa adanya, dan tanah aset tetap tanah aset/fasum”, begitulah tulisan yang terpampang diatas tanahnya yang dipasang oleh segelintir warga Dusun Bendil Kelurahan Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, kin telah dilepas oleh Kepala Dusun Bendil, Sunardi.

Pelepasan Banner beserta Plakat/Plang tersebut juga disaksikan oleh pemilik tanah yang didampingi kuasa hukumnya Adv. Zaibi Susanto, SH, MH dan juga tokoh masyarakat Dusun Bendil. Hal ini dikuatkan dengan Berita Acara Pelepasan Banner, Plakat/Plang dan Penyerahan Obyek Tanah milik Husen Zainal alias Ach. Husin yang telah ditandatangani oleh Pemilik Tanah dengan Kepala Dusun Bendil pada tanggal 12 Februari 2019.

Dan juga Berita Acara Kesepakatan Damai yang telah ditandatangani pada tanggal 18 Januari 2019 oleh Husen Zainal alias Ach. Husin dan Kepala Dusun Bendil, Sunardi beserta saksi-saksi diantaranya Kepala Desa Kepatihan, Perwakilan dari Tokoh Masyarakat Dusun Bendil, Bapak Erfak dan juga perwakilan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kepatihan Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

Selain itu pelepasan Banner dan Plakat/Plang pada Lokasi Tanah milik Husen Zainal alias Ach. Husin tersebut disaksikan oleh Kepala Desa (Kades) Kepatihan, Nemu beserta perangkatnya, dan juga anggota satpol pp Kecamatan dan pihak kepolisian sektor Menganti serta anggota koramil.

Bahwa berdasarkan Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) No. 10/P/FP/2017/PTUN.Sby  yang diketuai oleh Hakim Liza Valianty, SH, MH dan berdasarkan bukti-bukti dan fakta hukum dalam persidangan, telah terbukti secara hukum bahwa tanah tersebut adalah milik Husen Zainal alias Ach.Husin.

Selama ini Pemilik tanah sudah geram melihat tingkah laku segelintir warga Bendil yang mengklaim tanah seluas 12.900 m2 sebagaimana Petok D No. 173 Persil 143 kelas S III atas nama Husen Zainal alias Ach. Husin yang terletak di Dusun Bendil Desa Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik tersebut sebagai Fasilitas Umum ( fasum ).

IMG_20190213_205849

Sementara Husen Zainal alias Ach. Husen melalui Mursyid Effendi (kerabatnya) mengatakan, aset dari Ach. Husin kini sudah kembali lagi pada posisi semula. Namun kembalinya tanah tersebut telah mengalami proses yang selama ini membutuhkan tenaga, biayayang tidak sedikit,serta pikiran dan waktu yang tidak sebentar.

“Aset ini belum tahu akan dikelola untuk apa, tergantung nanti kita koordinasi dulu dengan keluarga. Yang jelas kita syukuri dulu, karena aset sudah kembali,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Kepatihan, Nemu mengatakan, “Ya, tanah ini benar milik Ach. Husin alias Husen Zainal, dia memiliki petok D, SPPT, yang sesuai dan tercatat di buku C Desa Kepatihan.”

“Jadi saya sebagai Kepala Desa harus tegas mengambil sikap. Kan sudah jelas ada keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), jadi kami harus mentaati apa yang telah ditetapkan oleh Pengadilan” ujar Nemu.

Reporter : jml
Editor : nurdiana
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA