oleh

Terbukti Selewengkan DD, Kades Segoromadu Divonis 1 Tahun

GRESIK, BrataPos.com – Terdakwa Samsul Huda (48), Kepala Desa (Kades) Segoromadu, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik terbukti melakukan penyelewengan dana desa (DD) anggaran tahun 2017. Kemarin, (12/2/2019).

Pada sidang dengan agenda putusan di PN Tipikor Surabaya, ketua majelis hakim Wiwin Arodawanti menilai bahwa, terdakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dengan cara memark up uang pembangunan fisik yang berasal dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017.

“Terdakwa Samsul Huda terbukti melanggar pasal 3 UU Korupsi. Mengadili, menjatuhi hukuman selama satu tahun penjara,” katanya.

Terdakwa tidak hanya menerima hukuman badan. Lelaki yang menjabat sebagai Kepala Desa itu juga diminta untuk membayar denda Rp.50 juta. Namun jika tidak sanggup dibayar, diganti dengan kurungan selama 1 bulan penjara.

Kendati demikian, putusan hakim dinilai lebih ringan dari tuntut tim jaksa penuntut umum (JPU) dari Pidsus Kejari Gresik, yang sebelumnya menuntut hukuman penjara selama 1 tahun 3 bulan dan denda sebesar Rp.50 juta subsider 2 bulan kurungan.

Namun vonis hakim belum bisa dinyatakan hukum tetap atau inkrah. Pasalnya tim jaksa pidsus dari kejari Gresik, maupun Hermanto Penasehat Hukum (PH) terdakwa Samsul Huda, menyikapi pikir-pikir. “pikir-pikir yang mulia kata Andrie.

Seperti diberitakan, Kades Segoromadu ini didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi dana ADD tahun 2017 sebesar Rp. 244.494.751 dari total anggaran desa sebesar Rp. 820 juta.

Ada 11 proyek pembangunan desa Segoromadu yang di mark up oleh terdakwa. Salah satunya pembangunan drainese jalan poros desa, dari total anggaran Rp. 94 juta, terdakwa mark up sebesar Rp. 74 juta.

Reporter : Jml

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA