by

Fantastis, ULP Gresik Tuntaskan 2000 Paspor Dalam Tiga Minggu

GRESIK, BrataPos.com – Ribuan calon jemaah haji (CJH) mulai memadati Kantor Unit Layanan Paspor (ULP) Imigrasi Gresik, kemarin (12/2/2019). Sejak pukul 07.00 WIB mereka sudah mendatangi kantor yang berlokasi di komplek Pasar Ikan Modern Jalan Raya Ambeng-ambeng Gresik.

Saking banyaknya, petugas Imigrasi harus menyediakan tenda tempat pemohon yang sedang menunggu antrian. Pasalnya, dalam sehari, pelayanan paspos khusus CJH sebanyak 150 orang. Ditambah lagi pemohon dari kalangan masyarakat umum.

Kepala ULP Imigrasi Gresik Irmansyah Fatriadi menjelaskan, ada sebanyak 2000 pemohon berkas dari Kementerian Agama (Kemenag) Gresik. Proses penyelesaian hingga dua pekan. “Target kami selama tiga minggu seluruh pemohon sudah mendapatkan paspor,” katanya.

Pihaknya berharap selama proses pengurusan tidak mengalami kendala apapun. Sebab, sebelumnya pelayanan di ULP Imigrasi Gresik sempat terkendala dari jaringan. “Hari ini (kemarin, Red) mulai lancar. Semoga tidak ada kendala,” ungkapnya.

Didit sapaan akrbanya menyebutkan, hari ini (kemarin, Red) merupakan kali pertama pengurusan paspor dari Kemenag. Berkas yang diterima masih sebagian. Hanya sekitar 600 pemohon. “Kami berupaya menyelesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan,” imbuhnya.

Disisi lain, Suparno, Pengurus KBIH Al-Azhar Menganti menyatakan, pelayanan di Kantor Imigrasi Gresik tidak mengalami kendala apapun. Semua berjalan sesuai dengan harapan. “Tadi saya sampai sini (Kantor ULP Imigrasi, Red) pukul 08.00 WIB,” katanya.

Lelaki 37 tahun itu menyebutkan, terdapat 73 jemaahnya yang akan melangsungkan ibadah haji tahun ini. Namun, 56 orang adalah pemohon paspor awal. “Sisanya sudah punya semua,” ungkapnya.

Reporter : jml
Editor : nurdiana
Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA