by

Dapat Dana DBHCHT, Disperinaker Siapkan Empat Program

 

Bangkalan , Bratapos.com – DANA Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) merupakan salah satu program pemerintah pusat. Dana ini merupakan dana pusat yang dibagi hasilkan dengan berbagai syarat penggunaan, besaran dananya di tetapkan Menteri Keuangan. Salah satu penerima dana tersebut adalah Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker). Ada empat program yang dicanangkan untuk memanfaatkan dana tersebut.

Program pertama yakni sosialisasi ketentuan bidang cukai. Kegiatan ini berupa penyampaian informasi ketentuan peraturan perundang-undangan bidang cukai kepada masyarakat dan pemangku kepentingan. Kemudian, program kedua yakni pembinaan lingkungan bidang tenaga kerja. Program ini terdiri dari beberapa kegiatan berupa pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat.

Selanjutnya program ketiga yaitu pelayanan penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja bagi pencari kerja. Terakhir, program peningkatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kelembagaan pelatihan.

Kepala Disperinaker Bangkalan Amina Rachmawati menyampaikan, sosialisasi tentang cukai akan dilaksanakan bersama leading sektor terkait. Dana dari pemerintah pusat tersebut juga untuk menambah fasilitas memaksimalkan tempat pelatigan kerja.

“Tahun ini akan ada pelatihan untuk lima kejuruan. Kami juga akan memanfaatkan bantuan dana dari pemerintah pusat untuk memaksimalkan alat-alat pelatihan kerja,” terangnya.

Tahun lalu, Disperinaker mendapat anggaran DBHCHT lebih kecil di banding tahun ini. Untuk itu, Amina berkomitmen akan mengupayakan terserap secara penuh.

Reporter : Moch Rifai

Editor : Jamal S

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA