by

Tinjau Lokasi Banjir, Pemkab Upayakan Penanganan Jangka Panjang

Bangkalan , Bratapos.com – Jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bangkalan meninjau lokasi warga terdampak banjir di Kecamatan Arosbaya yang dipimpin Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah Kabupaten Bangkalan. 

Pada peninjauan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bangkalan menyerahkan bantuan nasi instan kepada masyarkat terdampak. Setijabudi selaku PLH Sekdakab Bangkalan mengutarakan, pemerintah secepatnya akan mengangi pelayanan dasar masyarkat terdampak.

“Kita mengecek tentang sarana dan bangunan apakah ada yang rusak, kita juga mengecek apakah ada penyakit menular? Dan lahan pertanian seluas 180 hektar yang terendam banjir,” terangnya, Rabu (06/02/2019).

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan tersebut sedang mengupayakan penangan jangka panjang bagi masyarkat terdampak agar tidak meras khawatir. “Jangka panjang itu bisa reboisasi di hulu sebagai penahan air supaya tidak turun ke hilir,” jelasnya.

Sekedar diketahui, menurut pantauan tim Tim Reaksi Cepat (TRC) Sebanyak 600 Kepala Kekuarga di delapan dusun yang tersebar di lima desa tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa, karena banjirnya lebih besar dari pada banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu.

Untuk mengetahui kondisi di lapangan, Plh Sekdakab didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan, Ismet Efendy langsung mendatangi lokasi. Selain itu, hadir juga Asisten Bidang Pembangunan Perekonomian, Puguh Santoso, Kepala Dinas PU dan Tata Ruang, Roesli Hariyono, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ishak Sudibyo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Bambang Setiawan, Kepala pelaksana BPBD, Rizal Morris, serta Camat Arosbaya, Anang Yulianto.( M Rifai )

REKOMENDASI UNTUK ANDA