by

Peresmian PAUD Asy-Asyfa Di Desa Banjar, Sebagai PAUD Percontohan Nasional

TRENGGALEK, BrataPos.com – Dalam rangka mendukung kebijakan pembinaan layanan pendidikan anak usia dini (PAUD), yang terarah terpadu dan terkoordinasi pada tahun 2015.

Kementerian pendidikan dan kebudayaan telah mengeluarkan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 1 tahun 2012, tentang organisasi dan tata kerja kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Peraturan tersebut menegaskan pegelolaan PAUD formal, maupun informal berada di bawah pembinaan direktorat Jendral pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat (Ditjen PAUD dan dikmas).

Hal itu secara teknis di laksanakan kebijakan bidang pendidikan anak usia dini. Salah satu tugas dan fungsi dari direktorat pembinaan PAUD adalah, melaksanakan koordinasi pelaksanaan kebijakan perluasan akses, serta peningkatan mutu layanan PAUD secara lebih terarah dan terpadu. Itu melalui berbagai program peningkatan kapasitas layanan PAUD di seluruh tanah air.

Direktorat pembinaan PAUD melaksanakan kegiatan peresmian taman kanak-kanak PAUD ASY-ASYFA yang berada di desa Banjar, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek sebagai PAUD percontohan tingkat Nasional.

Selain itu juga sebagai wujud pelaksana’an tugas dan fungsi tersebut. Kegiatan tersebut di laksanakan pada hari Sabtu. Pembukaan di mulai jam 08,30 WIB yang di pimpin langsung oleh ketua panitia Rochmad. Yang dilanjutkan sambutan Ashari Dikpora Panggul.

Dalam sambutanya menyampaikan, pentingnya keberadaan PAUD percontohan sebagai pusat rujukan tempat belajar bersama.

“Saling berbagi, dan juga tempat pelatihan peningkatan kompetensi para pendidik Panggul sebagai barometer pendidikan termasuk pendidikan usia dini,“ katanya.

Direktorat pembina PAUD telah memfasilitasi sarana bermain dan peningkatan kompetensi pendidik, serta kualitas layanan program pembelajaran. Salah satunya program bahasa inggris.

“Selain itu direktorat juga mendorong pengenalan bahasa inggris untuk PAUD. Kebijakan ini diterapkan untuk mengenalkan sejak awal anak-anak dengan bahasa asing yang semakin merambah ke pedesaan pungkasnya,” pungkasnya.

Peresmian PAUD ASY-ASYIFA yang berada di desa Banjar, kecamatan Panggul tersebut di tandai potong pita oleh Ashari Dikpora Panggul. Setelah itu di lanjutkan peninjauan lingkungan oleh seluruh peserta kegiatan.

Reporter : Yanto

Editing : nurdiana

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA