by

Ditahun 2019, DD di Sumenep Naik 60 Miliar

SUMENEP, BrataPos.com – Anggaran Dana Desa (DD) di Kabupaten Sumenep, Madura pada tahun 2019 mengalami kenaikan hingga mencapai Rp.60 miliar.

Dana Desa (DD) tahun 2018 sebesar Rp278 miliar, dan pada tahun ini mencapai Rp338 miliar, yang diperuntukan untuk 330 desa yang tersebar di 27 kecamatan baik didaratan maupun kepulauan.

“Kucuran dana desa dari pusat setiap tahunnya cukup besar. Tahun ini kenaikan cukup signifikan, yakni Rp.60 miliar dari tahun lalu,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Sumenep, Ahmad Masuni, Selasa (22/1/2019).

Sedangkan mengenai Alokasi Dana Desa (ADD) tidak ada perubahan ditahun ini, tetap sama  seperti tahun 2018 dengan angaran sebesar Rp123 miliar.

Dari dana tersebut, ada program prioritas yang ditekankan, berupa pembangunan embung, pengembangan produk unggulan, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan pembangunan sarana olahraga.

“Kami ingatkan agar pemerintah desa tidak hanya fokus pada infrastruktur, namun peningkatan kwalitas SDM juga diperhatikan,” paparnya.

Pemerintah desa harus bertindak profesional dengan pengelolaan keuangan negara ini, karna anggaran DD  dan ADD cukup besar sekali, sehingga yang harus dikelola desa setiap tahunnya diatas Rp 1 miliar.

“Peruntukannya adalah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai perundang-undangan,” jelasnya.

Reporter : zain/zainur

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA