oleh

Kejari Gresik, Tetapkan Sekretaris BPPKAD Sebagai Tersangka

GRESIK, BrataPos.com – Usai menjalani serangkaian pemeriksaan selama 24 jam di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik. Akhirnya korp Adiyaksa itu menetapkan satu tersangka terkait hasil operasi tangkap tangan (OTT) di Kantor Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Gresik. Kemarin (15/1/2019).

Pejabat BPPKAD yang ditetapkan tersangka yakni M Mukhtar menjabat sebagai Sekretaris dan juga Plt BPPKAD. Pejabat tersebut langsung ditahan oleh Kejaksaan dan dibawa ke rutan Sidoarjo. Ia terkena OTT oleh tim kejaksaan di ruang kerjanya.

Sementar tiga yang lain yang sebelumnya ikut diperiksa selama 24 jam yakni Kabid Pajak Bumi dan Bangunan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Mustofa, Kabid Anggaran Mat Yazid, Agung Fery Setiyono Kasubag Penyusunan Anggaran Urusan Pemerintahan Wajib, dan Ahmad Haris Kepala Bidang Penagihan dan Pelayanan hanya sebagai saksi.

Kejari Gresik Pandoe Moerkartika saat konfrensi pers mengatakan, awalnya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa di kantor BPPKAD sedang mengadakan transaksi. Setelah itu dipelajari, kemudian sekitar jam 16.00 WIB tim masuk ke kantor BPPKAD. Setelah kita masuk benar ada barang bukti uang sebesar 537 juta.

“Lalu kita amankan 12 orang beserta barang bukti uang. Kemudian yang 11 orang kita pulangkan, karena statusnya sebagai saksi. Sedangkan M Mukhtar kita tetapkan sebagai tersangka,” kata kejari saat konfrensi pers di ruang aula kantor Kejaksaan Negeri Gresik.

Uang instinsif itu rencananya untuk kegiatan didapat dari pajak daerah masuk kerekening masing-masing. Saat dilakukan OTT beberapa orang, termasuk M Mukhtar yang sudah ditetapkan tersangka ini.

“Namun tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lagi, lihat saja nanti hasil pemeriksaan. Tersangka kita titipkan di rutan Medaeng Sidoarjo. Untuk menanggung perbuatannya, tersangka kita sangkakan pasal 12e dan 12f UU Tipikor ancaman 4 tahun penjara,” jelasnya.

Reporter : jml

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA