by

Akhir Januari, Pemakaian Mobil Dinas Batu Akan Dievaluasi

BATU, BrataPos.com – Kunjungan Komisi A DPRD pada satuan kerja Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu berlangsung Sersan (serius namun santai). Hal itu berlangsung pada kamis (10/1/2019), di kantor BKD. Banyak hal yang dibahas, secara eksplisit mengarah pada pendistribusian mobil dinas dan mobil oprasional.

Ketua Komisi A DPRD Kota Batu Sudiono menjelaskan pada wartawan terkait pendistribusian mobil dinas. Menurutnya, hal itu berpedoman pada regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga distribusi kendaraan dinas/operasional jabatan sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasinya.

“Klasifikasi maksudnya jenis kendaraan baik model dan besaran cc nya. Sementara kualifikasi berkaitan dengan jabatan seseorang, sehingga sudah dapat di ukur kendaraan berjenis A misalnya, diperuntukkan pejabat sesuai dengan eselonnya,” ungkap anggota fraksi PKB ini.

Aturan yang dimaksud, lanjut ia bisa dibaca pada peraturan  menteri keuangan no 76 tahun 2015  tentang standard barang dan standard kebutuhan barang milik negara. Yakni, berupa alat angkutan darat bermotor dinas operasional jabatan didalam negri.

Untuk itu harapnya, BKD harus segera melakukan penataan dan pendataan serta analisa disetiap SKPD. Dengan begitu bisa mengetahui kebutuhan kendaraan dimasing-masing SKPD. Baik mobil dinas maupun mobil operasional.

“Jika nantinya ternyata ada yang kurang layak maka segera dipenuhi. BKD juga sesegera mungkin mengumpulkan semua kendaraan dinas untuk diuji tingkat kelayakan. Jika itu segera dilakukan pastinya untuk melegitimasikan pemerintahan kota Batu. Yang tak kalah pentingnya adalah, pendistribusian kendaraan dinas harus benar-benar diperhatikan sesuai tingkatan jabatan,” himbau Sudiono, jum’at (11/1/2019).

Menanggapi anjuran tersebut, Kepala BKD Drs. Eddy Murtono menjelaskan, pada intinya pihaknya menyambut baik usulan anggota dewan. Namun perlunya penataan ulang, mengingat dirinya belum genap tiga bulan menjabat Kepala BKD.

“Ya kita tata ulang dululah, karna saya kan baru menjabat. Nanti akan kita kumpulkan di lapangan semua mobil-mobil dinas itu, untuk dicek satu per satu. Waktunya mungkin bisa akhir bulan ini (januari), biar disaksikan Pak Wawali, Sekda dan bagian aset,” janji pria yang akrab dengan wartawan ini.

reporter : Ard

editor : jamal s

publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA