by

Pemdes Pocol Prioritaskan Program Padat Karya Tunai (PKT) Untuk Normalisasi Drainase

NGAWI, BrataPos.com – Sutris selaku Ketua Timlak Tim Pelaksanaan Kegiatan Bidang Fisik Desa Pocol, mengungkapkan kepada awak media Brata Pos di lokasi tentang Program Padat Karya Tunai (PKT) adalah kegiatan program yang diberikan oleh Kementerian Desa Tertinggal dan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan amanah tersebut melalui pemberdayaan keluarga miskin, yaitu program-program yang mendasar untuk segera dirasakan oleh masyarakat Desa Pocol seperti warga pengangguran, keluarga miskin dan juga untuk keluaga yang mempunyai balita, batita gizi buruk yang bersifat produktif berdasarkan pemanfaatan sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi lokal.

Maka Pemerintah Desa Pocol Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi, melaksanakan amanah Program Padat Karya Tunai sasarannya untuk apa Pak? Sutris menjawab sasarannya adalah harus warga setempat dinyatakan dengan fotocopy KTP, Laki-laki dan perempuan berusia 15 tahun dibuktikan oleh Fotocopy KTP, Penduduk desa setempat dibuktikan oleh Fotocopy KTP, Penganggur dan setengah penganggur dibuktikan dengan daftar penganggur langsung dari RT dan RW, Anggota keluarga miskin, dibuktikan dengan masuk data BKKBN sebagai Keluarga Pra Sejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera I (KS-I), Anggota keluarga yang memiliki gizi buruk, dibuktikan dengan daftar keluarga yang memiliki balita bergizi buruk tiap RT dan RW adapun tentang kebutuhan material lokal desa yang berasal dari desa setempat sehingga mampu menyerap tenaga kerja lokal dan meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Program ini juga dijalankan dengan sistem upah harian atau dibayarkan secara harian atau paling maksimal mingguan, senilai Rp 80.000,- per hari untuk Tukang, Rp. 70.000,- per hari untuk Pekerja umum. ungkap Sutris Ketua TPK. Kepala Desa Pocol Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi, Kuswatun Hasanah membenarkan apa yang disampaikan oleh Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Bidang Fisik TPK Desa Pocol, itu sudah benar mas dan sudah sesuai dengan prosedurnya.

Pemdes Pocol Prioritaskan Program Padat

Saya tidak meragukan lagi kepada Tim saya, karena sudah ada pendamping tingkat Kecamatan maupun Tim Teknis (TT) Tingkat Desa, apa bu tugasnya Pendamping Tingkat Kecamatan dan SKnya SK siapa dan dari mana, Ibu Kades mengatakan kalau pendamping Tingkat Kecamatan, Kasrini tugasnya mendampingi dan mengawal program Menteri Desa yaitu uang negara dalam bentuk DD ADD mereka tugasnya mendampingi dan mengawal pelaksanaannya, terkait SK tentunya SK Menteri Desa (Kemendes) di bawah pimpinan Pemdes Kabupaten Ngawi (Pimpinan Desa Kabupaten Ngawi) Pak Kabul. Kalau Tim Teknis SKnya dari Kepala Desa yang ditugaskan membuat Teknis Perencana yang disebut RKP dan Draf bersama-sama dengan TPK Desa. ungkapnya.

Maka dari itu saya selaku Kepala Desa Pocol tidak meragukan lagi kepada Pelaksanaan Program tersebut diatas juga dipandu oleh PMD dari Kecamatan. Mestinya pelaksanaan tersebut tidak sulit dan susah jika mematuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan bersama. Oleh karena itu saya kata sudah jujur dan terbuka juga transparan. Apa yang diharapakan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah berkaitan dengan Instruksi dari Kementerian Desa (Kemendes) RI yaitu menjalankan tugas amanah dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya jangan sampai melanggar ketentuan-ketentuan yang telah kita tetapkan dari perencanaan sampai pelaksanaan tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih harus pas, sesuai RKP dan Drafnya, tegas Kepala Desa Pocol, Kuswatun Hasanah.

Lanjut Bu Kades, juga menambahkan secara keseluruhan di Pemerintahan Desa Pocol dengan jumlah penduduk 2.146 orang terdiri dari 4 Kasun 2 RW dan 12 RT kami berkomitmen memprioritaskan Program Padat Karya Tunai PKT melalui kegiatan normalisasi drainase di Dusun Krajan dan Dusun Kesumorejo yang dilaksanakan oleh warga setempat dengan sumber anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp. 73.775.000-, Pembangunan jalan menyerap pekerja warga setempat sangat besar. Sesuai pelaksanaannya petunjuk secara teknis Juknis Padat kami tidak berani mas melanggar yang ditentukan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. ungkap Ibu Kades yang ramah senyum.

Ketika disinggung tentang harapan kedepan untuk Desa dan Warga Pocol apa yang Ibu Kades rencanakan. Kuswatun mengatakan saya orang nomor 1 di Desa Pocol yang dipercaya oleh warga Desa Pocol tentunya kami mencari terobosan-terobosan  untuk kepentingan masyarakat dan kesejahteraan warga Desa Pocol dengan cara menyalurkan bakat-bakat para petani melalui pengembangan pertanian sayur mayur yaitu jangka pendek jangka menengah dan jangka panjang, bicara hal pertanian akan dimulai dari penampung air, irigasi dan saluran-saluran air yang menuju lahan pertanian, agar para petani sayur mayur tidak kekurangan air.

Yang kedua adalah ilmu-ilmu pertanian kami dorong para petugas PPL Petugas Penyuluh Lapangan dan Dinas-Dinas terkait untuk memberikan ilmu-ilmu Pertanian yang baik dan benar tujuannya petani akan panen lebih maksimal. Badan Usaha para kelompok tani, tani sapi, tani kambing, ternak, budidaya ikan kami wadahi dengan Badan Usaha Milik Desa BUMDES untuk mengcover kebutuhan para petani dimulai dari permodalan, kebutuhan kekurangan pupuk dan obat-obatan yang dibutuhkan para petani kami. Sekarang sudah ada di Badan Usaha Milik Desa yang disebut Inovasi Desa. Isya Alloh menjadi Desa yang potensi, Desa mandiri yaitu harus berkarya yang nyata mentap masa depan 5 tahun yang akan datang harus ada perubahan tentang perekonomian warga Desaku saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak semua elemen saya tidak bisa kerja sendiri melainkan berkolaborasi bekerjasama, bersinergifitas di semua kalangan dan semua elemen untuk terwujudnya Desa yang subur makmur dan sehat sejahtera tidak lupa bersyukur kepada Alloh yang Mahakuasa telah melimpahkan rahmat dan ridhonya kepada kita semua semoga dijauhkan dari segala malapetaka selalu dilindungi oleh Alloh dan diberi petunjuk oleh Alloh. Aminn ya roball alamin.”pungkas Ibu Kepala Desa Pocol yang cukup ramah murah senyum orang nomor 1 di Desa Pocol.

Reporter       :Zainal

Editor             :Nurdiana

Publisher      :Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA