by

Kepala Desa Ngrambe Optimalkan Dana Desa Untuk Pembangunan Infrastruktur

NGAWI, BrataPos.com- Menurut narasumber Ketua Tim Pengelola Kegiatan Desa Bidang Infrastruktur dan Bidang Fisik Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi, Wartoyo mengatakan pada saat dikonfirmasi oleh Wartawan Brata Pos di lokasi kegiatan. Mengatakan tentang Program Padat Karya Tunai (PKT) yang ditempatkan di Dusun Pule RT.04 RT.03 RW.01 jenis pembangunan Pavingisasi dengan volume, panjang 436 m lebar 3,5 m tinggi 8 cm (K-300), dengan Anggaran Dana Desa (DD).

 Menurut Wartoyo selaku Tim Pelaksana Kegiatan Bidang Fisik Desa Ngrambe kami hanya melaksanakan tugas dan amanah untuk mengerjakan pembangunan-pembangunan di bidang Fisik, kami tentunya menyesuaikan atau disesuaikan dengan petunjuk-petunjuk prosedur tim Teknis Desa yaitu RKP dan Drafnya dipandu oleh Pendamping Tingkat Kecamatan Desa dan Kasi PMD Kecamatan Ngrambe kami sebagai Pelaksana Pembangunan tersebut yang telah ditunjuk oleh Kepala Desa Ngrambe Pak Rusbandi.

Mendasar kepada Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Program Padat Karya Tunai sasarannya ditujukan pada, 1). Anggota keluarga miskin, 2). Pengangguran, 3). Setengah pengangguran, 4). Anggota keluarga dengan gizi buruk sesuai sasaran Padat Karya Tunai yaitu, Laki-laki dan perempuan berusia 15 tahun dibuktikan oleh Fotocopy KTP, Penduduk desa setempat dibuktikan oleh Fotocopy KTP, Penganggur dan setengah penganggur dibuktikan dengan daftar pengangguran dan setengah pengangguran tiap RT dan RW, Anggota keluarga miskin, dibuktikan dengan masuk data BKKBN sebagai Keluarga Pra Sejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera I (KS-I), Anggota keluarga yang memiliki anak balita batita gizi buruk, dibuktikan dengan daftar keluarga dengan mempunyai anak balita batita bergizi buruk tiap RT dan RW. Sedangkan Upah sesuai dengan petunjuk, untuk tukang Rp. 80.000,- per hari dan pekerja Rp. 70.000,- per hari.

Dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari minimal meringankan beban mereka atau membantu atas semua kebutuhannya dengan cara saling menyuruh kerja di proyek ini dimulai jam 07.30 sampai jam 16.00. “ungkap Wartoyo.Lanjut Wartoyo mengatakan tidak mau melanggar ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dari mulai perencanaan dan drafnya, kami secara terbuka dan transparan akan bertanggung jawab kepada Kepala Desa kami yaitu Pak Rusbandi selaku orang nomor 1 di Ngrambe. “ungkap Wartoyo.

Kepala Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi, Rusbandi pada saat diwawancarai oleh Wartawan Brata Pos di ruang kerjanya terkait keterangan Ketua TPK Desa Ngrambe Bidang Fisik, Wartoyo. Rusbandi orang nomor 1 di Desa Ngrambe menjawab dan membenarkan tentang pelaksanaan pembangunan program Padat Karya Tunai dengan jenis pembangunan Pavingisasi yang ditempatkan di Dusun Pule RT.04 RT.03 RW.01 dengan volume sepanjang 436 m lebar 3,5 m tinggi 8 cm (K-300). Kami berusaha akan selesai samapai tanggal 10 – 15 Januari 2019 mudah-mudahan kami selesaikan.

Rusbandi selaku Kepala Desa Ngrambe Kecamatan Ngrambe Kabupaten Ngawi dihujani pertanyaan dan dikonfirmasi oleh Wartawan Brata Pos terkait SESKUNDES Sistem Keuangan Desa dan Sistem Program Padat Karya Tunai tersebut diatas dan pelaksanaan-pelaksanaan yang lain seperti bidang fisik tepat waktu bidang administrasi terperinci untuk SPJ di tahun 2018 yaitu pelaksanaan penyerapan anggaran DD ADD tahun 2018. Rusbandi menjawab semua pertanyaan siap akan melaksanakan tugs dan sebaik-baiknya dan akan memetuhi peraturan Pemerintah yang telah ditentukan dan akan melaksanakan tugas amanah ini dengan benar dan baik terkait dengan system keuangan sudah diatur ada pos masing-masing pelaksanaan terlambat ada hal-hal faktor-faktor lain yang mengakibatkan keterlambatan yang penting kami laksanakan dengan sebaik-baiknya untuk segera dinikmati oleh warga Desa Ngrambe.

Reporter              :  Zainal

Editor                    : Nurdiana

Publisher            : Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA