by

Akibat Grayangi Bocah, Warga Tlogo Pojok Diadili

GRESIK, BrataPos.com – Terdakwa Eko Agus Bakhtiar (24) warga Jl. MH Tamrin Gg 7B, Desa Tlogo Pojok, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik terus merunduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Gresik saat ketua majelis hakim Agung Ciptoadi sedang membacakan amar putusan Kemarin (9/1/2019).

Dalam surat amar putusannya terdakwa pada tanggal (22/8/2018) silam di Kawasan Industri Gresik (KIG) sekitar jam 2.30 WIB telah melakukan pencabulan pada korban yang inisial (NDL) yang masih berusia (11 tahun) dengan cara mendorong sampai tersungkur ke tanah lalu mulutnya dibungkam dan membuka baju korban lalu tangan terdakwa memegangi payu dara korban.

Perbuatan terdakwa sebagaimana pasal 82 ayat (1) Jo. Pasal 76 E UU RI Nomor 35 tahun 2014 tentang perbuatan atas UU RI Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Mengadili menyatakan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencabulan terhadap koban (NDL) dengan cara meremas-remas payu dara korban. Menjatuhi hukuman selama 5 tahun penjara denda 50 juta subsidair 2 bulan,” kata majelis hakim Agung Ciptoadi.

Yang menjadi pertimbangan hakim memvonis 5 tahun, terdakwa bersikap sopan di persidangan, tidak pernah dihukum, mengakui secara terus terang atas perbuatannya dan terdakwa merasa menyesali dan berjanji tidak akan mengulagi perbuatannya.

IMG_20190109_190615

Kendati demikian putusan tersebut dinilai lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Budi Prakoso dari Kejaksaan Negeri Gresik yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan hukuman penjara 7 tahun denda 50 juta subsidair 4 bulan.

Vonis hakim sudah dinyatakan berkekuatan hukum tetap (inkrah), pasalnya terdakwa yang diidmpingi penasehat hukum dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pengganti Pujo S Wardoyo menyatakan menerima vonis hakim

Perlu diketahui terdakwa berurusan dengan hukum lantaran telah melakukan perbuatan cabul pada anak dibawah umur. Akibat perbuatannya, terdakwa ditangkap oleh Polsek Kebomas pada tanggal (22/8/2018) silam di Kawasan Industri Gresik (KIG) sekitar jam 2.30 WIB.

Reporter : jml/anam

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA