by

Bandeng Bakar Madu Asli Mengare, Menjadi Peminat Pecinta Kuliner

GRESIK, BrataPos.com – Bagi para pecinta kuliner di wilayah Kabupaten Gresik, tentu tidak asing makanan olahan Bandeng. Namun, olahan Bandeng di Rumah Makan Ikan Bakar Mengare (IBM), Jalan Desa Peganden, Kecamatan Manyar, ini sangat berbeda.

Bandeng bakar madu tanpa duri menjadi menu andalannya. Satu ikan dibelah dua. Kemudian, dibakar. Bumbu yang digunakan sangat berbeda. Olesan madu menambah cita rasa manis, dan guris. Sangat pas jika disantap dengan sepiring nasi putih.

Belasan menu olahan Bandeng tersedia di tempat makan itu. Bagi yang tidak suka Bandeng tidak perlu kawatir. Beberapa menu lain juga trsedia. Diantaranya, sate udang, sate cumi-cumi, ayam bakar madu, lele penyet hingga asem-asem sembilang. Cita rasa khas masakan Mengare sangat terasa.

Ngomong soal harga sangat terjangkau. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Satu porsi ikan hanya dibandrol dengan harga Rp 8000 – Rp 25.000. Tempat makan ini bisa menjadi solusi ketika perut keroncongan.

Bahkan, IBM ini sangat rekomendasi. Dapat dijadikan rujukan bagi masyarakat yang hendak menikmati liburan di Kota Pudak. Lokasinya pun mudah ditemukan. Dari Jalan Raya Manyar Pantura, masuk ke selatan hanya berjarak sekitar 500 meter lebih.

Meski baru beberapa hari beroperasi, sudah banyak pembeli yang hilir mudik. Salah satunya, Safitri. Perempuan yang bekerja di salah satu perusahaan wilayah Gresik itu mengaku suka dengan makanannya. Bumbu rempahnya sangat terasa.

“Terutama Bandeng bakar madunya sangat enak. Bandengnya gurih. Mungkin karena asli Mengare ya. Harganya sangat terjangkau. Dan ini bisa menjadi langganan saya setiap hari,” ujar wanita 24 tahun itu sambil tersenyum.

Safitri menyatakan, rasa masakan di tempat ini (ikan bakar mengare, Red) dipastikan tidak kalah dengan makanan di rumah makan yang besar di wilayah Gresik. Bandengnya ada yang tanpa duri. “Ada juga yang Bandeng bakar lumpur sangat enak rasanya,” imbuhnya.

Sementara itu, Miftakhul Huda, pengelola IBM mengatakan, menu makanan sangat bermacam-macam. Memang sebagian besar berbahan ikan Bandeng. Asli Mengare. Bumbu rempahnya juga demikian. “Alhamdulillah sudah banyak warga yang membeli dan menikmati,” ujar pria asal Desa Watuagung RT 05 RW 02, Kecamatan Bungah.

Untuk jam buka, rumah makan Ikan Bakar Mengare ini dibuka setiap hari. Mulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Reporter : jml

Editor : nurdianan

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA