oleh

Terbukti Bersalah, Warga Balongbendo Divonis 5 Tahun Denda 1 Miliar

GRESIK, BrataPos.com – Pengadilan Negeri (PN) Gresik kembali gelar sidang putusan (vonis) perkara kasus peredaran narkotika jenis sabu-sabu yang menjerat kedua terdakwa Debbi Prasetian (27) warga Desa Jeruklegi Rt.013 Rw.004, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo dan Eko Wijayanto warga Sidoarjo, Senin (7/1/2019). Kedua terdakwa tersebut menjalani sidang guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Dalam Persidangan yang dipimpin oleh Agung Ciptoadi selaku ketua Majelis Hakim kedua terdakwa hanya bisa pasrah duduk di kursi pesakitan saat majelis hakim membacakan surat putusan. Dalam amar putusannya kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menimpan yang menjadi perantara jual beli sabu seberat 0,98 gram.

“Mengadili kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melawan hukum sesuai dengan pasal 114 UU Narkotika, dan menghukum kedua terdakwa  dengan pidana selama 5 tahun penjara dan denda 1 Milliar subsidair 3 bulan,” kata Agung.

keterangan foto : kedua terdakwa usai meninggalkan kursi pesakitan/jml
keterangan foto : kedua terdakwa usai meninggalkan kursi pesakitan/jml

Kendati demikian putusan tersebut dinilai lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Beatrix Novi Temmar dari Kejaksaan Negeri Gresik yang sebelumnya menuntut kedua terdakwa dengan hukuman penjara 8 tahun denda 1 Milliar subsidair 6 bulan.

Namun demikian Vonis hakim belum bisa dinyatakan hukum tetap (inkrah), pasalnya Nurul Huda dan Luqmanul Hakim selaku kuasa hukum dari masing-masing terdakwa maupun JPU untuk menyatakan pikir-pikir. Sambil mengetok palu akhirnya hakim meminta 7 hari untuk pikir-pikir pada penasehat hukum dan JPU.

Usai persidangan Nurul Huda selaku penasehat hukum terdakwa Eko Wijayanto akan melakukan upaya hukum banding. pasalnya menurut dirinya terdakwa pengguna bukan pengedar.

“Seharusnya ini berkas terpisah, kpasalnya Eko ditangkap tempat yang berbeda, namun kenapa penyidik dari kepolisian berkasnya tidak terpisah. Saya akan banding atas putusan hakim,” katanya.

Perlu diketahui kedua terdakwa tersebut diciduk Sat Narkoba Polres Gresik pada tanggal 14 April 2018 silam di wilayah kota Gresik.

Reporter : jml

Editor : nurdiana

Publisher : redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA