oleh

Miris,,!! Tanah Makam di Sumberjo Batu Diduga Dijual Belikan

BATU, BrataPos.com – Masyarakat Desa Sumberjo Kecamatan Batu Kota Batu menggeliat lagi. Terbukti, Minggu (30/12/2018), sekitar 300 warga melakukan orasi di lapangan Sumberjo. Orasi tersebut memakan waktu dua jam lebih. Selain orasi, mereka memasang spanduk diatas lahan seluas 2,8 Hektar. Pasalnya, lahan yang sedianya untuk tanah makam kini dijual belikan.

Menurut Sumarno, Kordinator aksi yang juga ketua BPD desa Sumberjo, pada tahun 1965 tanah tersebut sudah dipakai makam untuk warga. Namun ironisnya, pada tahun 1991/1992 tiba-tiba terbit sertifikat hak milik atas nama 12 orang.

Kontan saja warga Sumberjo meradang, mengingat tanah itu sejak jamannya nenek moyang sudah disepakati untuk makam warga. Selain itu, tanah tersebut adalah tanah bengkok desa.

“Saat itu tahun 2000-an warga sudah berupaya untuk mempertanyakan terbitnya SHM tersebut. Bahkan kami juga melaporkan pada Polres, namun tidak ada tanggapan,” urai Sumarno, menceritakan ikwal persengketaan tanah yang berada di jalan raya Indragiri itu.

Meski menemui jalan buntu, masih menurut Sumarno, warga tidak akan putus asa untuk terus menuntut haknya. Bahkan pada tahun 2000, Almarhum Imam Kabul (Walikotatif saat itu) juga mendukung warga untuk merebut kembali tanah yang dijual belikan. Namun agi-lagi usaha warga menemui jalan terjal. Ada dugaan kepala desa periode tahun 1991/1992 main mata dengan pembeli tanah makam.

Informasi yang berkembang di masyarakat, saat kasus tanah mencuat, beberapa perangkat desa bersembunyi diluar kota. Mengingat kondisi Sumberjo saat itu sedang memanas. Betapa tidak, lahan yang disengketakan itu saat ini harga pasarannya mencapai per meter Rp 2 juta.

“Sampai saat ini warga tidak akan putus asa. Kami akan terus berembuk¬† untuk menempuh jalur hukum. Agar hak warga bisa diperoleh kembali. Selain itu, kami sudah mengirim surat pada Ibu Walikota Batu untuk meminta bantuan perihal tanah makam ini,” pungkas Sumarno, Senin (31/12/2018).

Reporter : Ard

Editor : jamal s

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA