by

Petani Kangkung di Desa Wahas Balongpanggang, Mampu Tembus Pasar Mancanegara

GRESIK, BrataPos.com – Melihat  letak Indonesia  yang merupakan salah satu Negara tropis dengan sejuta banyaknya tanaman yang mampu tumbuh dan juga memberikan peluang bisnis bahkan dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar.

Kini dari Desa Wahas, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik ternyata memiliki area budidaya kangkung yang sangat seluas, sekitar 316 hektar (HA). Dengan lahan seluas itu di kerjakan sebanyak 100 petani. Tujuannya untuk mendongkrak perekonomian.

Camat Balongpanggang, M. Jusuf Ansori mengatakan bahwa hasil budidaya kangkung di desa Wahas ini sudah ada yang menampung melalui PT. Eastwest yang berdomisili di purwakarta.

“Hasil dari budidaya kangkung tersebut kini sudah mampu menembus pasar mancanegara, dimana kangkung tersebut di ekspor hingga ke Jepang,” katanya kemarin Minggu (09/12/2018).

IMG-20181219-WA0040

Kapasitas hasil kangkung sekitar 2,2 ton perhektarnya, dan permusim bisa mengekspor 2,2 ton sesuai dengan luas lahan (316 ha).

“Harapan kecamatan Balongbanggang bisa mengoptimalkan potensi yang ada yaitu pembudidayaan tanaman kangkung sebagai produk unggulan kecamatan Balongpanggang, sehingga devisi negara meningkat dari ekspor hasil tanaman kangkung tersebut dan kesejahteraan masyarakat kecamatan Balongpanggang bisa meningkat,” pungkasnya.

Reporter : Adi/Win/jml

Editor : Nurdiana
Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA