by

5 Sekolah di Gresik Berhasil Raih Piala Adiwiyata Tingkat Nasional 2018

GRESIK, Bratapos.com – Seakan tak pernah berhenti penghargaan demi penghargaan diraih Kabupaten Gresik. Setelah Bupati dan wakil Bupati Gresik menerima penghargaan. Kali ini sejumlah sekolah di Gresik menerima piala Adiwiyata Nasional tahun 2018.

Setidaknya ada 5 sekolah yang menerima piala adiwiyata tingkat Nasional yang pada Jum’at malam kemarin hadir di Auditorium Manda Wanabakti Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta pusat.

Mereka adalah Burhanuddin Kepala SMP Negeri 3 Balongpanggang, Zakariya Kepala SMP Negeri 1 Menganti. Hasyim Kepala SDN 3 Sidokumpul Gresik, Sri Supartiyani Kepala SDN Sukorame Gresik dan Wiwik Mulyaningsing Kepala SDN Kedanyang Kebomas.

IMG-20181222-WA0034

Lima orang Kepala sekolah tersebut didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Najikh menerima piala Adiwiyata dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dan piagam dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Dalam keterangannya, Kadis Lingkungan Hidup Gresik, Najikh pada Sabtu (22/12/2018) menyatakan rasa syukur atas anugerah piala Adiwiyata ini. Dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Gresik, khususnya Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim. Berkat dukungan beliau berdua, kami sukses menciptakan sekolah yang berorientasi lingkungan hidup di Gresik.

Setiap tahun, Kabupaten Gresik selalu langganan menerima piala Adiwiyata. Sampai saat ini sekolah adiwiyata di Gresik sudah berjumlah 235 sekolah. Masing-masing 23 sekolah telah meraih Adiwiyata Mandiri, 17 sekolah berhasil meraih adiwiyata Nasional, 9 sekolah meraih adiwiyata Propinsi dan 186 sekolah meraih adiwiyata tingkat kabupaten.

“Untuk tahun 2018 ini kami menerima 5 adiwiyata Nasional, 4 diantaranya adalah Piala Adiwiyata Mandiri. Sedangkan satu sekolah baru yang sukses mengorbit mendapat adiwiyata Nasional yaitu SMPN 3 Balongpanggang. Semoga tahun depan bisa mempertahankan untuk meraih adiwiyata mandiri” katanya.

Najikh mengaku pihaknya tidak kehabisan untuk mengorbitkan sekolah guna mendapat piala Adiwiyata ini. Tahun depan, sudah ada calon yang bakal kami orbitkan, baik peraih adiwiyata Nasional maupun peraih piala adiwiyata Mandiri.

“Untuk menciptakan sukses pada program adiwiyata ini, kami bersama Dinas Pendidikan Gresik selalu memadukan program bersama. Kekompakan inilah sebagai modal kami untuk membuat biopori di lingkungan sekolah, membuat komposter, menciptakan kebersihan lingkungan sekolah, melakukan penanaman pohon dan merapikan pohon serta berbagai kegiatan lingkungan lain” tandas Najikh.

Reporter      : Anam / Fauzi

Editor           : Nurdiana

Publisher     : Redaksi

 

REKOMENDASI UNTUK ANDA