by

HUT PJI Ke-20 Sangat Meriah

SURABAYA, BrataPos.com – Dalam seremonial memperingati hari kelahirannya yang ke-20, Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para pejabat di daerah/pusat, Dewan Pers, Wartawan senior, pendiri PJI, Petinggi TNI dan Polri di Jatim yang berlangsung di gedung lapangan Golf Graha Family, Surabaya pada Minggu (23/12/18).

Selain menyerahkan penghargaan tersebut, PJI juga menyertakannya dengan memberikan hadiah-hadiah cukup menarik berupa green lancer pointer melalui door-prize kepada puluhan wartawan serta undangan. Sebelumnya hadirin telah menulis nama dan nomor ponselnya di daftar tamu untuk nantinya dilakukan pengundian.

Beberapa pejabat dan pimpinan lembaga mendapat kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan secara bergilir antara lain Siti Meiningsih dari Ditpu IKP mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Gubernur Jatim, Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, ketua Dewan Pers semuanya diwakili dan Buchory Sutanto, Ketua Umum DPP PJI termasuk Jentar Sitinjak selaku ketua panitia ultah ke-20 PJI.

Kehadiran Siti Meiningsih dalam seremonial Ultah PJI tersebut semakin menambah image dan keyakinan semua pihak, bahwa organisasi wartawan yang lahir di era Reformasi tahun 1998 itu terus eksis, bahkan secara kuantatif keanggotaannya makin meningkat seiring dengan eksistensi media massa yang bertambah saat ini.

Siti Meiningsih antara lain mengatakan, bahwa keberadaan organisasi PJI sebagai jembatan bagi wartawan dan para wartawan yang bergabung di PJI terus meningkatkan profesionalisme jurnalistiknya, sekaligus menjadikan PJI profesional dan jaya ke depan. “Wartawan sebagai pilar demokrasi dan terus berjuang membela NKRI. Hidup dan jaya PJI”, begitu kiranya ungkap pejabat Kementerian Kominfo RI tersebut bersemangat.

Kementerian Kominfo, kata Meiningsih, akan memperluas jaringan internet ke seluruh Indonesia pada 2019 sehingga masyarakat bebas mendapatkan informasi melalui internet. “Sekarang kami sedang mendidik SDM untuk pembangunan dan aplikasi jaringan internet di Indonesia. Mengingat Indonesia ini sangat luas, jadi diperlukan SDM yang profesional untuk melaksanakan pekerjaan itu”, ujarnya seraya memuji pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang kedua kali digelar DDP PJI tahun 2018.

Kombes Pol Frans Barung Mangera, Kadiv Humas Polda Jatim mewakili Kapolda Jatim juga atas nama Kapendam V/Brawijaya dalam sambutannya juga menyikapi secara positif pelaksanaan UKW DPP PJI tersebut dan mengatakan, pihaknya juga melaksanaan uji kompetensi bagi anggota Polri untuk menganalisa setiap informasi yang ada, sehingga tidak semua informasi bisa disebarluaskan.

Sebagai simbol terlaksananya puncak Ultah ke-20 PJI, Buchory Sutanto melakukan pemotongan nasi tumpeng disambut aplous meriah dari hadirin, sesaat setelah pembacaan doa dilakukan seorang ustad. Sebagai pembukaan puncak seremonial Ultah, Udin Lotto selaku MC memohon kepada seluruh hadirin untuk bersama-sama mengikuti lagu kebangsaan Indonesia Raya disusul pembacaan susunan acara.

Reporter : Tim

Editor : Jamal Sintaru

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA