by

Ribuan Liter Arak Dimusnahkan, Demi Antisipasi Tawuran Malam Tahun Baru

GRESIK, BrataPos.com – Ribuan botol minuman keras (miras) berbagai jenis dimusnahkan oleh Polres Gresik yang dilaksanakan di halaman Mapolres Kamis, (20/12/18). Dalam pemusnahan barang haram itu yang menggunakan alat berat ikut menyaksikan sejumlah pejabat, ulama dan organisasi masyarakat (ormas).

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro menyampaikan, miras tersebut dari hasil operasi cipta kondisi. Tugas Polisi harus menciptakan suasana kondusif.

“Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dari tindak kejahatan dan premanisme pada masyarakat. Ada 1.325 botol yang kami musnahkan hari ini (kemarin, Red),” katanya.

Alumnus Akpol 1998 tersebut menyebutkan, selain memusnahkan miras, korp seragam cokelat juga berhasil mengungkap 64 kasus. Diantaranya, pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian biasa (curbis) dan premanisme serta narkoba. Terdapat 61 tersangka yang telah diamankan.

“Sejumlah barang bukti sebanyak 24,71 gram sabu, dan 8.340 pil koplo (LL) serta uang tunai senilai Rp 49.575.000 telah kami amankan,” imbuh polisi dua melati di pundak tersebut.

Keterang foto : Kapolres Gresik AKBP Wayu Sri Bintoro saat memecahkan botol miras./jml
Keterang foto : Kapolres Gresik AKBP Wayu Sri Bintoro saat memecahkan botol miras./jml

Dijelaskan, dalam waktu dekat, polri akan menggelar operasi lilin semeru. Pengamanan akan diprioritaskan di beberapa wilayah. Yaitu, gresik utara di Pantai Dalegan, gresik selatan Driyorejo dan pusat kota. Lokasi tersebut menjadi titik sentral berkumpulnya masyarakat.

“Sebelum operasi lilin berlangsung, kami menggelar operasi cipta kondisi terlebih dulu,” ujar Wahyu didampingi Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Budi Handoko dan Wabup Moh Qosim serta unsur Forpimda Kabupaten Gresik.

AKBP Wahyu menyebutkan, dalam menghadapi operasi lilin semeru 2018 tersebut, telah menyiapkan separuh anggotanya untuk mengamankan operasi tersebut. Dibantu dengan unsur TNI, Satpol PP, Dishub Gresik, dan ormas.

Sementara itu, Wabup Qosim mengapresiasi kinerja kepolisian dan stakeholder yang lain. Pihaknya berharap kedepan gresik terus aman dan kondusif. “Gresik bisa semakin lebih baik lagi,” imbuh orang nomor dua di Pemkab Gresik tersebut.

Reporter : Jml
Editor : Zaibi
Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA