by

BTN Gandeng Pengadilan Negeri Gresik

GRESIK, BrataPos.com – Demi mendukung kelancaran proses peradilan di Pengadilan Negeri Gresik. Bank Tabungan Negari (BTN) cabang Gresik memberikan Fasilitas payment point di Pengadilan Negeri (PN) Gresik dan siap dioperasikan, Rabu (19/12/18).

Sebagai penunjang Elektronic Cuort (E-Cuort) hal itu sesuai Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 03 tahun 2018. Mempercepat pelayanan administrasi daftar perkara perdata maupun panjer perkara secara elektronik.

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Kantor Kas untuk bertransaksi tersedia di halaman sisi kanan gedung PN Gresik. Kini Advokat tidak harus ke kantor jika akan mendaftarkan perkara. Cukup membuka aplikasi E-court sudah dapat mendaftar perkara perdata dan nantinya juga akan menerima register perkara.

“Ini merupakan kerja sama antara BTN dengan Mahkamah Agung. Kerja sama ini otomatis karena adanya kebutuhan PN dengan pelayanan parsial PT BTN sendiri,” terang Dewi Utari (Consumer and Commercial Funding Regional Head Bank BTN kantor wilayah III).

Dewi melanjutkan, tidak hanya kerja sama parsial di Gresik saja, namun semua PN yang ada di Indonesia. BTN memberi fasilitas seperti Kantor Kas yang berfungsi layaknya kantor cabang. Namun tidak bisa untuk penarikan, nasabah baru dan akan diarahkan ke mesin ATM.

dewi utami wakil ka kanwil III BTN memberikan buku tabungan pada ka PN Andreas Purwantyo Setiadi/jml.
dewi utami wakil ka kanwil III BTN memberikan buku tabungan pada ka PN Andreas Purwantyo Setiadi/jml.

Sementara Kepala PN Gresik, Andreas Purwantyo Setiadi, SH. MH, merencanakan penyediaan layanan informasi khusus. Sebab sosialisasi tidak berhenti pada para advokad yang telah dilakukan beberapa minggu lalu. E-Cuort sendiri bisa dimanfaatkan masyarakat umum saat registrasi perkara, tentu semua tidak lepas sumber daya yang memadahi.

“Sebagai pendukung inobasi ini, kami akan kembangkan dengan membentuk wadah sebagai sosialisasi kepada masyarakat setiap hari, jadi tidak sekali saja. Kita akan berikan informasi seperti tata cara dan pemahaman seputar registrasi perkara perdata, seperti E-Cuort Corner atau pojok e-cuort, tentu harus ada SDM nya,” tegas Andreas.

Diketahui posisi Kantor Las dan ATM diletakkan terpisah di luar kantor atau gedung Pengadilan Negeri Gresik. Tidak lain agar tidak mengganggu kinerja pelayanan Pengadilan Negeri dan juga bisa dinikmati masyarakat umum. Proses administrasi perkara dan pelayanan pengadilan akan menjadi lebih sederhana, cepat, berbiaya ringan, transparan dan akuntabel.

“Posisi peletakan kantor kas dan ATM di luar kantor Pengadilan Negeri Gresik ini satu-satunya di Jawa Timur. Jika di PN lain satu atap dengan kantor atau gedung,” pungkas Humas Pengadilan Negeri Gresik, Bayu Soho Raharjo.

Reporter : jml

Editor : Nurdiana

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA