by

Warga Taman Siwalan Indah Kepatihan, Lakukan Ini

GRESIK, BrataPos.com – Memperingati hari besar islam yakni Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H masih terus dilakukan dikalangan masyarat umat islam. Banyak hal yang dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi.

Seperti warga muslim Taman Siwalan Indah yang mengadakan kegiatan sunatan masal dan santunan anak yatim yang digelar kemarin, Minggu (16/12/2018) yang bertempat di halaman masjid Al Ishlah Taman Siwalan Indah. Hal itu dilakukan murni kegiatan keagamaan dan tidak ada unsur politik.

Sunatan masal ini diikuti oleh 42 anak mulai dari usia kelas 1 Sekolah Dasar (SD) sampai usia Sekolah Menengah Pertama (SPM). Khitan masal ini tidak hanya warga Siwalan Indah, akan tetapi ada juga dari Surabaya. Bahkan ada juga dari wilayah Cepu Jawa Tengah.

Uniknya meskipun khitanan masal ini diadakan oleh warga muslim Taman Siwalan Indah, panitia juga mengkhitan 2 anak non muslim warga Taman Siwalan Indah. Hal itu menandakan bentuk dari toleransi antar umat beragama.

Menurut panitia penyelenggara yang disampaikan oleh ketua yayasan masjid Al Ishlah Taman Siwalan Indah H. Minarto sesuai dengan anggaran dasar yayasan masjid Al Ishlah, masjid bukanlah tempat sarana ibadah saja melainkan tempat sarana sosial kemasyarakatan.

“Maka kami mengadakan acara khitanan masal dan santunan anak yatim. Sementara kegiatan ini sumber dananya murni dari masyarakat Taman Siwalan Indah dan para dermawan serta rekanan. Panitia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasinya sehingga terlaksana acara ini,” ucapnya.

Panitia juga mengucapkan terimah kasih terutama warga Taman Siwalan Indah atas dukungannya. Sehingga acara ini berjalan dengan lancar, sambungnya.

IMG-20181217-WA0012

Tepat pukul 09.00 WIB, kegiatan khitanan masal ini dibuka oleh Nemu selaku Kepala Desa (kades) Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik dengan bacaan sholawat.

Ditempat terpisah Nemu sebagai kepala Desa sangat bangga dengan adanya khitanan masal ini karena sangat membantu masyarakat kurang mampu.

“Semoga kegiatan yang mulia ini bisa di contoh oleh dusun-dusun lain yang ada di wilayah desa kepatihan. Ia mengharap kegiatan yang baik ini jangan sampai berhenti disini saja,” harapnya.

Khitanan masal ini melibatkan tenaga medis dari Unair. Secara simbolis panitia memberikan sarung baju taqwa serta kopya serta uang saku kepada anak yang di khitan.

Reporter : anam
Editor : Jamal S
Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA