by

Bhabinkamtibmas Dan Babinsa, Kompak Awasi Penyelewengan Dana Desa

MALANG, BrataPos.com – Semenjak diadakan MOU antara Polres Malang dan Pemerintah Kabupaten Malang pada tanggal 26/10/2017 silam terkait permasalahan Dana Desa (DD). Jajaran dibawahnya terus memantau. Juknisnya juga pernah dikakukan di Gedung DPRD Kabupaten Malang kepada 361 Bhabinkamtibmas, 30 Kapolsek, 30 Camat, dan 361 Kades se-Kabupaten Malang. Pengarahan teknis saat itu, terkait teknis pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan dana desa.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Ternyang, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang Bripka Sutono bersama babinsa Sertu Suyono. Dua anggota dari Polsek dan Koramil ini, melakukan pengawasan pembangunan pada hari Sabtu (15/12/2018).

Pengawasan penggunaan dana desa Ternyang ini meliputi pembangunan jalan makadam dengan panjang 593 M dan lebar 2.5 M. Alokasi dana desa yang digunakan sebesar Rp.149.349.300 tahun anggaran 2018.

Kapolsek Sumber pucung AKP Edy Sunyata yang dikonfirmasi melalui Bhabinkamtibmas Brika Sutono mengatakan, pengawasan dilakukan agar dana desa tetap digunakan dengan baik. Jangan sampai ada penyelewengan, dan harus sesuai dengan RAB (rencana anggaran bangunan). Pasalnya, RAB di buat dan di sepakati oleh PTPKD (Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa).

“Pekerjanya 12 orang dan Bhabinkamtibmas di setiap desa wajib untuk turun dan mengecek pembangunan Dana Desa di desa binaaanya. Hal itu sesuai dengan intruksi atasan,” beber Sutono.

Ketika disinggung adanya temuan terkait pengawasan pembangunan jalan, dirinya menjelaskan tidak menemukan penyelewengan. Mengingat, Sutono bersama Sertu Suyono sudah menyiapkan alat ukur berupa meteran. Pantauan Media Brata Pos dilapangan, kedua petugas ini bahu membahu mengamati dan mengukur lebar jalan.

Reporter : Had/Ard

Editor : Jamal Sintaru

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA