by

Desa Errabu Kecamatan Bluto Melaksanakan Rokat Desa

SUMENEP, Bratapos.com – Rokat Dhisa atau yang dikenal bahas jawa Sedekah Bumi yang sangat kental di Madura, khususnya di Sumenep, diyakini oleh masyarakat bisa membawa kebaikan bagi desa dan warganya. Dalam bahasa Madura, rokat berarti selamatan, sedangkan dhisa adalah desa. Jadi, rokat dhisa adalah selamatan desa.

Sejumlah aparat Desa dan Masyarakat di Desa Errabu, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Melaksanakan Rokat Dhisa, Jum’at (14/12/2018).

Rokad Desa yang di kemas dengan membersihkan tempat ibadah, membersihkan Parit, membersihkan halaman Balai Desa dan membersihkan tempat mandi umum (somber), yang ada di Desa Errabu.

Masyarakat menyambut hangat dengan terlaksananya kembali tradisi Rokat Desa untuk tahun 2018 ini. Yang sudah sangat lama tidak di laksanakan di Desa Errabu.

“Tradisi Rokat Desa sudah dari nenek moyang kami dari dulu. Rokat dhisa biasanya dilaksanakan tiap tahun satu kali dan biasanya setiap rumah membawa ketupat ke Somber (tempat pemandian umum) setelah selesai acara Rokat Desa ketupat dimakan bersama-sama”, jelasnya Kudwa salah satu warga Desa Errabu.

Reporter : Zainur

Editor : Jamal Sintaru

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA