by

Festival Cipta Lagu CoM UPH Ajakan Bagi Anak dan Remaja Mengenal Lagu yang Tepat

Tangerang , Bratapos.com – Berangkat dari keprihatinan kepada anak dan remaja yang saat ini sudah tidak banyak menyanyikan bahkan tidak tahu lagu yang sesuai dengan usia mereka, Conservatory of Music (CoM) UPH menggelar Festival Cipta Lagu Anak dan Remaja dengan tema Share The Life pada 18 Nov-2 Des 2018. Dengan puncak acaranya menampilkan 10 karya terbaik pada Gala Konser Shine Like Stars, 2 Desember 2018 di Grand Chapel UPH Kampus Lippo Village.

“Melalui tema Share the Life ini harapannya kami bisa mengajak kembali anak dan remaja untuk menyanyikan lagu sesuai usia mereka. Sehingga mereka tidak lebih banyak menyanyikan lagu yang populer di masyarakat yang bahkan tidak cocok atau pantas dengan usianya. Ini yang jadi alasan kami mengadakan festival lagu bersifat edukatif, menginspirasi bagi anak dan remaja,” jelas Antonius Sugeng Priyanto, Dekan CoM UPH.

Menambahkan penjelasan, Yosia Revie Pongoh – Kordinator Event Akademik menjelaskan bahwa dengan tema Share the Light ini, para peserta dari kalangan siswa sekolah menengah se-Jabodetabek; diajak menulis lagu yang bersifat motivasional dengan tema-tema seperti persahabatan, sportivitas, kecintaan terhadap tanah air, dan lainnya.

Revie juga menjelaskan bahwa festival ini sifatnya bukan kompetisi, namun lebih kepada menarik partisipasi peserta untuk mau menulis lagu. 10 peserta yang lebih unggul mendapat kesempatan berkolaborasi dengan CoM UPH di konser ‘Shine Like Stars’.

“Di gala konser ini 10 penampil tersebut berkolaborasi dengan oleh UPH Symphony Orchestra, UPH Broadway Ansambel, UPH Concert Choir, UPH VoxCom. Total ada 450 peserta penampil dalam gala konser ini.  Adapun peserta yang merupakan favorit penonton adalah peserta dari SMU Athalia Alam Sutera, SMU Lentera Harapan Curug, SMU Tunas Bangsa Serpong, dan SMM Perguruan Cikini. Nantinya selain tampil dalam konser ini, peserta dengan kualitas terbaik rencananya akan masuk ke dapur rekaman untuk diproduksi lagunya secara profesional,” jelas Revie.

Tentunya dalam penentuan karya terbaik ini melibatkan juri dengan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan. Juri yang dipercaya untuk menilai karya cipta lagu ini yaitu para dosen CoM UPH, antara lain Antonius S. Priyanto, M.Mus, Yosia Revie Pongoh, M.A., Dr. Henry S. Pranoto; dengan kriteria penilaian penulisan lagu (melodi, harmoni, lirik, style, dan lainnya) serta presentasi karya.

Dengan melihat animo yang besar terhadap festival ini, menurut Antonius kedepannya CoM UPH akan kembali menggelar acara serupa setiap tahunnya dengan jangkauan peserta yang harus lebih luas. Sehingga memungkinkan individu memiliki media untuk menyalurkan bakatnya.

FESTIVAL CIPTA LAGU (5)

Reporter : Soleh/Hartono/Alfan

Editor : Jamal S

Publisher : Redaksi

REKOMENDASI UNTUK ANDA