by

Pembangunan Tugu Lontar di Perempatan Kebomas Gresik Dimulai

GRESIK, BrataPos.com – Pembangunan Tugu lontar yang ada di perempatan Jalan Kebomas Gresik, Jawa Timur dimulai. Diawali dengan doa syukur oleh masyarakat sekitar kemudian peletakan batu pertama oleh pihak PT Smelting yang diwakili oleh Nadjib Djauhar A dan Camat Kebomas Miftachul Huda serta Kepala Bagian Program Pembangunan, Ida Lailatussa’diyah pada Kamis (13/9/2018).

Menurut Nadjib Djauhar dari Pihak PT Smelting yang disampaikan kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno, Tugu Lontar yang akan dibangun ini merupakan simbol bersatunya dua budaya yaitu budaya origami khas Jepang dan Budaya Lontar khas Indonesia.

“Kebetulan Lontar ini ada di Gresik, dan penggunaan daun lontar ini dipakai untuk media tulis menulis pada jaman dulu. Kini penggunaan lontar masa lalu itu bisa kita temui dalam berbagai prasasti yang terbuat dari lontar. Gresik satu-satunya daerah yang menghasilkan lontar yang sampai saat ini masih dipakai. Bahkan penggunaannya diyakini sejak dulu saat masa-masa kesunanan” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Bagian Program Pembangunan, Ida Lailatussa’diyah yang mewakili Pemkab Gresik kepada Kabag Humas mengatakan tugu lontar yang akan dibangun di perempatan jalan Kebomas ini setinggi 11,8 meter pada lahan seluas sekitar 120 meter2.

“Proses Pembangunannya sudah diawali sejak bulan Mei 2018 dengan persiapan awal membersihkan lokasi dari ilalang tanaman dan akar pohon. Kemudian kami juga membersihkan dan memindahkan kabel yang ditanam di bawah bangunan tugu yang akan dibangun. Maka sekitar bangunan tugu itu kami pagar keliling” tandasnya.

Masih menurut Ida Lailatussa’diyah, pembangunan tugu lontar ini seluruhnya 100% dibiayai oleh PT Smelting Gresik. Perkiraan Pembangunannya membutuhkan waktu sekitar 8 bulan.

“Kita hanya koordinasi design aja dengan memberikan masukan-masukan kepada designer tugu Lontar yaitu Daniel Mirmanue, arsitek alumni ITS 2003” tambahnya. (wnd/ad)DSC_0100

REKOMENDASI UNTUK ANDA