by

Warga Ampel Gading Malang Resah, Dana Bantuan PKH Belum Cair

MALANG, BrataPos.com – Dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dapat dicairkan, Februari 2018 lalu. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo dibeberapa kesempatan.

Diketahui, jumlah dana PKH yang diterima satu keluarga penerima manfaat, yakni sebesar Rp 1.890.000. Dana yang dimaksud untuk upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.Sebagai program bantuan sosial bersyarat. PKH juga membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak. Untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Sementara, pencairan dana PKH di wilayah Kecamatan Ampelgading Kabupaten malang patut dipertanyakan. Pasalnya dari 13 desa yang mendapatkan progam PKH, yang tidak lancar hanya satu desa, yakni desa Tirtomoyo. Sisanya 12 desa sudah menerima pencairan selama kurang lebih dua tahun.

Rinciannya, dari 109 orang penerima PKH di desa Tirtomoyo, sejak tahun 2016/ 2017 belum menerima dana bantuan PKH. Padahal, dari 109 orang itu sudah masuk daftar nama penerima program PKH sejak tahun 2007.

“Ya mas, selama 2 tahun ini saya belum menerima sepeserpun uang PKH,” ungkap salah satu warga penerima PKH yang engan disebutkan namanya.

IMG-20181203-WA0027

Dilain pihak, Wanda pendamping PKH dari Kecamatan Ampelgading punya pandangan yang berbeda. Menurutnya, memang ada kendala untuk pencairan desa Tirtomoyo mulai tahun 2016/2017.

” Iya,emang untuk satu desa itu belum ada pemcairan sejak dua tahun lalu. Padahal, kami sudah berusaha untuk mengajukan kepihak operator,” tegas Wanda.

Pantaun BrataPos.com dilapangan mendapati kejanggalan saat membaca mutasi buku tabungan pemerima PKH. Sebab, dalam rekening BNI yang sudah di print out, terdapat mutasi keluar. Dan transaksi itu terjadi saat ATM belum diberikan pada warga penerima PKH.

“Saya tidak pernah ngambil uang di bank mas. Wong Atm nya saja gak pernah diberikan oleh petugas kok. Dan saya hanya menerima Rp.1,5 juta. Hanya sebasar itu saya menerima bantuan PKH, mulai tahun 2016/2017. Dan kartu ATM baru diberikan bulan nopember kemarin,” ujar warga yang mewanti wanti agar namanya tidak dipublikasikan. (Fatkur / Had/ ARD)

REKOMENDASI UNTUK ANDA