by

UnPam Gelar Seminar Nasional, Terkait Kearifan Lokal Menjawab Tantangan Global

TANGERANG SELATAN, BrataPos.com – Universitas Pamulang bersama Yayasan Hasanah Titik (YHT) BNI Syariah mengulurkan tangan untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan Program Posko YHT, belum lama ini pada saat acara Seminar Nasional.

Tidak hanya itu sekaligus memberikan bantuan antara lain Kemah Ceria Hasanah, Penyediaan MCK diPusat Pengungsian,Pembuatan Saluran Air Bersih,dan Rehabilitasi Rumah serta Fasilitas Umum seperti Masjid dan Sekolah.

Penyaluran Bantuan Korban Bencana Alam yang berasal dari salah satu donatur program Posko YHT BNI Syariah adalah Universitas Pamulang (UnPam). Sumbangan sebesar Rp 150 juta disampaikan petinggi Unpam kepada YHT melalui CEO (Chief Executive Officer) BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo disela acara Seminar Nasional.

Disamping itu Ketua Panitia Seminar Dr. Ir. Hamsinah Baharuddin MSi mengungkapkan, acara yang bertemakan “Kearifan Lokal Untuk Menjawab Tantangan Global” ini diikuti 2000-an peserta dari mahasiswa D3, S1 dan S2.

Bertindak sebagai tuan rumah, Kepala Program Pascasarjana UnPam Dr Ir Sarwani MT, MM dan Kepala Program Studi D3 Sekretaris Dr Rr Dewi Anggraeni, SH, MH.

‘’Seminar ini juga menyeleksi sekitar 30 makalah proceeding dari berbagai Perguruan Tinggi seperti Universitas Trilogi Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pakuan Bogor, dan Universitas Pancasakti,’’ Jelas Hamsinah Baharuddin.

WhatsApp Image 2018-11-30 at 08.04.24

Narasumber seminar adalah Abdullah Firman Wibowo dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, Firman Wibowo menyampaikan, kearifan lokal tidak hanya sebagai benteng hasanah, namun juga untuk meningkatkan daya saing modal manusia terhadap pasar global mewujudkan SDGs pada dasarnya telah masuk di dalam cakupan “Maqoshid Syariah”.

‘’Winning the competition is not only about material oriented, but as well as spiritual oriented which is aimed at achieving hereafter life successfully. It is said as fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah. It is hasanah way,’’ beber Firman.

Sedangkan Benyamin Davnie secara tajam memaparkan tantangan global dan bagaimana kearifan lokal menjadi senjata untuk menjawabnya.

Sebagai timbal balik atas donasi UnPam, dalam kesempatan ini BNI Syariah memberikan bantuan untuk Program Riset dan Pengabdian Masyarakat Unpam.
BNI Syariah juga membagikan doorprize kepada peserta terpilih berupa tabungan hasanah, tabungan haji dan umroh, serta secara khusus memberikan hasanah card kepada narasumber dan beberapa tokoh di Unpam.

Selain itu kepanitiaan dalam acara seminar yang dikordinasikan Teguh Yuwono dengan membagikan dooprize hiburan seperti asesoris hand phone dan acara yang didukung Yayasan Sasmita Jaya, Bank DKI, BNI Syariah, dan Pemkot Tangsel, ini juga menampilkan paduan suara Gita Sasmita UnPam. ( Soleh / Hartono / Alfan )

REKOMENDASI UNTUK ANDA