by

BKSDA Resort Malang Tangkap Penjual Lutung Jawa Via Online

MALANG, BrataPos.com – Maraknya penjualan hewan yang dilindungi membuat BKSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam)  Resort Malang giat melakukan pengawasan. Namun, para pedagang masih saja nekat melakukan perdagangan hewan langkah tersebut. Demi mengelabui petugas, umumnya mereka melakukan transaksi via online.

Terbukti, Rabu tanggal (28/11/2018) sekitar pukul 10.30 WIB petugas berhasil menangkap pedagang lutung jawa, dikawasan terminal Arjosari.

“Awalnya, kami memakai jasa orang lapangan untuk memancing pedang online. Karena mereka transaksinya melalui online. Setelah kita transfer uang Rp.1 juta, hewannya diantar ke kawasan Arjosari,” jelas Imam Pujiono petugas Polhut  BKSDA.

Saat penangkapan lanjut Imam, timnya terdiri empat orang. Barang bukti yang diamankan petugas yakni berupa dua  Lutung Jawa berwarna hitam dan oranye, serta telepon seluler milik tersangka yang digunakan untuk bertransaksi menjual satwa tersebut dalam jaringan.

“Dari pengakuan tersangka, ia melakukan perdagangan melalui face book dan WA. Tersangka berinisial R berasal dari kawasan Bunul Kota Malang. Saat ini tersangka dan barang bukti dua lutung jawa kami serahkan ke Polres Malang Kota,” terangnya lagi.

Imam juga menambahkan, tersangka penjual satwa yang dilindungi tersebut dijerat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 21 ayat (2) huruf a dengan ancaman pidana maksimal lima tahun penjara dan denda maksimal Rp 500 juta. (Ardian)

REKOMENDASI UNTUK ANDA